Breaking News:

Mengerikan! Dua Pohon di Pura Batal Ditebang, Disebut Minta Tumbal 11 Nyawa

Karena ada pawisik tersebut, akhirnya rencana pemotongan kayu dengan diameter sekitar 50 centimeter urung dilakukan. Pengempon pura tak berani...

Tribun Bali/I Made Argawa
Pengempon Pura Batur Sri Murti, I Ketut Suirta, menunjukkan palinggih dari tumpukan batu yang merupakan situs purbakala, Kamis (9/7/2-017). 

POSBELITUNG.COM, TABANAN - Rencana pemotongan dua pohon jenis Majegau di Pura Batur Sri Murti, Banjar Pemanis Kelod, Desa Biaung, Kecamatan Penebel, Tabanan, Bali, oleh pengempon pura terpaksa dibatalkan.

Hal itu karena saat tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan melakukan survei, jro mangku pura tersebut kerauhan dengan ancaman akan mencabut 11 nyawa manusia jika pohon tersebut ditebang.

Pura Batur Sri Murti merupakan situs cagar budaya yang berada di bawah pengawasan Balai Pelestari Cagar Budaya Bali di Gianyar.

Seorang Pengempon Pura Batur Sri Murti, I Ketut Suirta (50), menyebutkan pura tua tersebut ditetapkan sebagai cagar budaya sekitar tahun 90-an.

“Sempat ada penelitian karena bentuknya unik. Palinggih-nya terbuat dari tumpukan batu maka diperkirakan pura ini merupakan situs megalitikum,” katanya, Kamis (7/9/2017).

Saat ada tinjauan dari Balai Pelestari Cagar Budaya Bali beberapa hari lalu, pihak pelestari cagar budaya meminta agar pohon Majegau ditebang rantingnya agar tidak membahayakan.

Di pura ini terdapat dua pohon Majegau yang tingginya sekitar 10 meter, dan sekitar setahun lalu sempat disambar petir sehingga tampak kering.

Pihak pengempon pura kemudian meminta bantuan kepada BPBD Tabanan untuk melakukan pemotongan.

Namun saat tim BPBD melakukan peninjauan, Jro Mangku Pura Batur Sri Murti tiba-tiba kerauhan.

“Setelah menghaturkan banten, Jro Mangku Inda kerauhan sekitar lima menit. Intinya sesuhunan di pura tidak berkehendak dilakukan pemotongan pohon, jika itu dilanjutkan maka akan ada tumbal manusia 11 orang,” ujar Suirta.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved