Breaking News:

Soal Kapal Isap di Laut Pering, Apa Kabar Perda Zonasi Laut?

Kapal isap di Laut Pering diketahui sudah beroperasi dengan dokumen perizinan (pendukung IUP OP tahun 2012) seperti sertifikat

Penulis: Dedi Qurniawan | Editor: Edy Yusmanto
istimewa
Ilustrasi foto Kapal Isap Produksi 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - Satu di antara soal sorotan mengenai polemik berkepanjangan kapal isa di Laut Pering adalah ihwal belum adanya Peraturan Daerah (Perda) Babel tentang zonasi laut Babel atau yang sering disebut juga Perda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RWZP3K).

Belum adanya Perda ini menjadi sorotan pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) soal keresahan nelayan asal Kecamatan Kelapa Kampit mengenai kapal isap Laut Pering, di Gedung DPRD Beltim, Selasa (3/10/2017) lalu.

Baca: Ibu Melahirkan Bayi 1,4 Kg Dalam Mobil, Begini Kondisinya Sekarang

Baca: Soal kapal Isap, Ini Isi Surat Bupati Beltim ke Gubernur Babel

Kapal isap di Laut Pering diketahui sudah beroperasi dengan dokumen perizinan (pendukung IUP OP tahun 2012) seperti sertifikat kelayakan pertambangan, CnC, dan baru keluar pada sekitaran Maret dan April 2017, padahal Raperda Zonasi Laut belumlah rampung.

Padahal pula, sejak 2016 Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pernah bersurat kepada Pemprov Babel yang meminta agar ada penghentian kegiatan penambangan pasir timah di perairan laut Provinsi Babel sebelum ditetapkannya Perda RZWP3K.

Ada pula yang mempertanyakan, apakah Pemprov Babel tak memperhitungkan polemik kapal isap Laut Pering yang terus saja berkelanjutan sejak 2016 lalu, dalam memberikan dokumen perizinan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pengelolaan Wilayah Pesisir (PNKPWP) Beltim Makmuri awalnya tak mau banyak berkomentar soal perkembangan sejauh apa penyusunan raperda zonasi laut ini oleh Pemprov Babel.

"Itu kewenangan Pemprov Babel. Lebih tepatnya tanya ke provinsi. Soalnya di sini belum ada perwakilannya," katanya saat dihubungi Pos Belitung, Kamis (5/10/2017) kemarin.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved