Breaking News:

Pertama Kali Dalam Sejarah, DPRD Beltim Gelar Paripurna Hari Jadi Kota Manggar

Paripurna dibuka dengan tarian Selamat Datang oleh sanggar seni dari SMA N 1 Manggar dan dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

Penulis: Dedi Qurniawan | Editor: Edy Yusmanto
Pos Belitung/Dedi Qurniawan
Paripurna istimewa Hari Jadi Kota Manggar di DPRD Beltim, Senin (9/10/2017). (POSBELITUNG/DEDY QURNIAWAN) 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - DPRD Belitung Timur menggelar paripurna Hari Jadi Kota Manggar (HJKM) ke-146, Senin (9/10/2017) pagi.

Paripurna dibuka dengan tarian Selamat Datang oleh sanggar seni dari SMA N 1 Manggar dan dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

Sama seperti paripurna istimwa Hari Jadi Kabupaten Beltim, peserta paripurna kali ini mengenakan pakaian adat.

Tampak Bupati Beltim Yuslih Ihza mengenakan pakaian adat yang senada dengan Ketua DPRD Beltim Tom Haryono Harun. Keduanya tampak mengenakan pakaian adat berwarna cokelat dan berselempang dan mengenakan udeng (penutup kepala) melayu.

Sementara itu, anggota DPR Beltim tampak mengenakan pakaian adat berwarna ungu dan kuning khaki. Meski demikian, masih tampak peserta paripurna dari kalangan PNS Pemkab Beltim tampak tak mengenakan pakaian adat.

"Semoga Kota Manggar yang kita cintai ini mendapat ridho Allah SWT dan masyarakatnya menjadi lebih sejahtera dan lebih makmur," kata Tom Haryono Harun.

Paripurna istimewa kali ini diketahui merupakan hari bersejarah bagi Manggar atau Beltim umumnya. Sebab, untuk pertama kalinya, Hari Jadi Kota Manggar diperingati sejak ditetapkan dan diakui Pemerintah Hindia Belanda sebagai kesatuan wilayah sejak tahun 9 Oktober 1871 silam.

"Ya ini untuk pertama kalinya diperingati. Paripurnanya pakai Pakaian Adat Melayu. Selesai paripurna langsung ke Lapangan Segitiga Manggar, pada acara resepsi ini akan ada Makan Bedulang. Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) nyumbang satu dulang," kata Kepala Diskominfo Beltim Hartoyo, Minggu (8/10/2017) kemarin.

Rentetan acara HJKM ke-146 sebenarnya sudah dimulai setidaknya sejak Minggu (8/10) pagi kemarin dengan menggelar jalan santai. Selanjutnya, akan ada pula pagaleran Parade Budaya Nusantara yang dilaksanakan oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Beltim.

Sebelumnya, Hari Jadi Kota Manggar (HJKM) ditetapkan jatuh pada 9 Oktober. Hal ini disepakati oleh seluruh fraksi di DPRD Belitung Timur pada paripurna beragendakan penyampaian pendapat akhir fraksi tentang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Hari Jadi Kota Manggar pada bulan lalu.

Pada pembahasannya 9 Oktober 1871 menjadi satu dari tiga usulan tanggal yang disodorkan karena pada tanggal tersebut, Manggar diakui sebagai Distrik Tambang dan diakui dalam Undang-undang atau Staatsblad Pemerintah Hindia Belanda. (*)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved