Breaking News:

KPU Beltim : Tiga Partai Masih Diminta Lengkapi Berkas

Data SIPOL untuk PIKA misalnya, terus berubah-ubah sehingga pengurus partai di kabupaten kerepotan menyesuaikan data mereka.

Penulis: Dedi Qurniawan | Editor: Edy Yusmanto
POS BELITUNG/Dok
Ketua KPU Beltim Pirmawan 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - Sebanyak 17 partai politik (parpol) di Beltim mengantarkan berkas pendaftaran hingga hari terakhir masa pendaftaran pada Senin (16/10/2017) lalu.

Dari jumlah tersebut, hingga pukul 13.00 WIB Selasa (17/10) kemarin, ada tiga partai yang masih diminta untuk melengkapi berkasnya. Sementara 14 partai lainnya dinyatakan telah lengkap dan diterima KPU Beltim.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Beltim Pirmawan mengatakan, ketiga partai tersebut diminta untuk melengkapi berkas pendaftaran dan ditunggu hingga pukul 24.00 WIB kemarin.

"14 partai lengkap, tiga masih perlu perbaikan dan kami tunggu sampai jam 12 malam," kata Pirmawan, Selasa (17/10/2017).

Dia menjelaskan kasus kendala ketiga pendaftaran tersebut terkait antara data yang dipegang partai di kabupaten tidak sinkron dengan data di aplikasi SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik).

Data SIPOL untuk PIKA misalnya, terus berubah-ubah sehingga pengurus partai di kabupaten kerepotan menyesuaikan data mereka.

"Mereka juga heran, dari mana datanya masuk, bagaimana mereka mau melengkapi atau menyesuaikan data di SIPOL itu. Kami minta mereka untuk berkoordinasi dengan DPP mereka, sebab kalau data di SIPOL-nya 800 pengurus dan anggota, mereka juga harus menyiapkan data segitu. Sedangkan data PIKA di Beltim itu cuma 140-an,"beber Pirmawan.

Hingga pukul 16.30 WIB Senin (16/10) lalu atau hingga berita ini diturunkan, sebanyak 12 partai politik (Parpol) di Kabupaten Belitung Timur telah mendaftar dan diterima oleh KPU Beltim.

Kedua belas partai tersebut adalah Perindo, Gerindra, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), PDI P, Partai NasDem, PAN, PKS, Partai Berkarya, Hanura, PPP, Partai Demokrat, dan Partai Golkar.

Pada malam harinya menyusul lima partai lainnya yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Rakyat, Partai Idaman, dan Partai Indonesia Kerja (PIKA).

Selengkapnya baca koran cetak Pos Belitung Rabu (18/10/2017).

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved