Breaking News:

SMPN 2 Tanjungpandan Launching Sekolah Berbudaya Belitong, Besok!

Ia mengatakan, sejumlah hiburan akan disiapkan pada hari launching yang rencananya akan dihadiri oleh Bupati Belitung Sahani Saleh.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Edy Yusmanto
google map
Tampak depan SMPN 2 Tanjungpandan 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - SMP Negeri 2 Tanjungpandan akan melaksanakan kegiatan launching sekolah berbudaya Belitong, Kamis (19/10/2017).

Pada program sekolah berbudaya Belitong, SMPN 2 Tanjungpandan menjadi branding dan sekolah pertama yang menerapkannya di wilayah Kabupaten Belitung.

"Jadi nanti setiap Kamis kami akan mengenakan baju adat Belitong, khususnya kelas VIII dan kelas IX, X itu dianjurkan. Kalau pada Jumatnya wajib berbahasa Belitong," ujar Kepala SMPN 2, Iskamil kepada posbelitung.com, Rabu (18/10/2017).

Ia mengatakan, sejumlah hiburan akan disiapkan pada hari launching yang rencananya akan dihadiri oleh Bupati Belitung Sahani Saleh.

Para siswa sekolah akan menampilkan berbagai macam tarian, kesenian dan ditutup dengan tradisi adat makan bedulang.

"Kami juga akan mengundang travel. Jadi nanti SMPN 2 juga bisa menjadi tempat kunjungan wisatawan terkait budaya dan kesenian," katanya.

Iskamil menambahkan, program sekolah berbudaya Belitong sudah lama direncanakan oleh pihak sekolah. Bahkan sebelum tahun ajaran baru dimulai.

Oleh sebab itu, kata dia, program tersebut jauh sudah dipikirkan sebelum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan surat imbauan terkait mengenakan pakaian adat Belitong.

"Karena sekolah kami juga mengedepankan masalah kesenian. Jadi akan lebih baik kalau ditetapkan sebagai sekolah berbudaya," katanya.

Menurutnya, program sekolah berbudaya Belitong mengajarkan kepada siswa warisan adat sekaligus melestarikan keanekaragaman budaya. Sehingga para generasi muda lebih mengenal adat Belitong dan selalu menjaganya. (N1)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved