Breaking News:

Bambang Widjojanto: Kasus E-KTP, Selain Dahsyat Korupsinya Juga Serangan Baliknya

Tidak hanya sebatas korupsi pengadaan proyek, namun lebih jauh menyentuh hingga ke transaksi sebelum pengadaan tersebut dilakukan.

(KOMPAS.com/Nabilla Tashandra)
Mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto dalam sebuah acara diskusi di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (10/11/2017). 

POSBELITUNG.COM - Mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Bambang Widjojanto menilai korupsi saat ini semakin dahsyat.

Tidak hanya sebatas korupsi pengadaan proyek, namun lebih jauh menyentuh hingga ke transaksi sebelum pengadaan tersebut dilakukan.

Bambang pun menyinggung soal kasus korupsi proyek e-KTP yang saat ini tengah diusut KPK.

Dalam kasus tersebut, kata dia, tak hanya besar korupsinya namun juga serangan baliknya terhadap KPK.

"Kasus e-KTP bukan sekadar korupsi ada pengadaan barang/jasa yang mau diungkap, tapi serangan balik dari orang-orang yang mau dibongkar. Ini jauh lebih dahsyat, jauh lebih seronok," ujar Bambang dalam sebuah acara diskusi di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (10/11/2017).

Ia menambahkan, KPK saat ini diserang dari tiga posisi, yakni lembaganya dihancurkan dan kredibilitasnya dijatuhkan; kebijakan mengatasi "kejahatan luar biasa"-nya ingin dijadikan kejahatan biasa oleh sejumlah pihak; serta orang-orang yang menjadi ikon dihabisi.

Tujuh bulan lalu Novel diserang oleh orang tak dikenal dan disiram air keras. Hingga kini, pelaku penyerangan tersebut belum bisa diungkap. 

"Orang-orang yang menjadi ikon KPK dihabisi. Sebenarnya ini mau kirim pesan. Kalau Anda modelnya kayak Novel maka Anda selesai," tutur pria yang akrab disapa BW itu.

Bambang juga menyinggung kasus kriminalisasi yang menimpanya saat menjabat pimpinan KPK.

Saat itu, ia dikiriminalisasi atas dugaan kejahatan yang tak berkenaan dengan kewenangan yang dimiliki KPK.

Halaman
12
Editor: Rusmiadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved