Gunung Es Terputus dari Gletsernya, Ahli Jelaskan Begini

Pejabat setempat yang berada di lokasi menyebutkan bahwa ruptur (pemutusan) ini sangat langka

Gunung Es Terputus dari Gletsernya, Ahli Jelaskan Begini
net
Gunung es pecah di Chile 

POSBELITUNG.COM - Sebuah gunung es besar yang berada di Taman Nasional Torres del Paine, Chile, terputus dari gletsernya.

Pejabat setempat yang berada di lokasi menyebutkan bahwa ruptur (pemutusan) ini sangat langka dan belum pernah terjadi sejak awal 1990-an.

Peristiwa ini terjadi pada Selasa (28/11/2017) dan pihak berwenang berkata bahwa penyebabnya masih belum diketahui.

Dinas kehutanan Chile (CONAF)  membagikan foto di media sosial tentang balok es biru putih dengan panjang 350 meter dan lebar 380 meter yang mengapung bebas di perairan laguna glasial, dekat ujung selatan benua Amerika Selatan.

Dr Ricardo Jana, ahli glasiologi dari Chilean Antartic Institute, berkata bahwa gunung es tersebut lebih besar dari perkiraan.

"Ini adalah situasi yang telah kami antisipasi, tapi satu hal yang penting adalah gunung es tersebut memiliki dimensi yang jauh lebih besar," kata Jana seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (29/11/2017).

Torres del Paine sendiri merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Chile. Menurut CONAF, tempat ini terkenal dengan pemandangan pegunungannya dan dikunjungi lebih dari 115.000 wisatawan setiap tahunnya.

Gletser Grey terletak di ladang es Patagonian Selatan, tepat di sebelah barat Cordillera del Paine. Sebelum terbagi dua di ujung depan, gletserini punya lebar 6 kilometer dan tingginya lebih dari 30 meter.

Editor: edy yusmanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved