Breaking News:

Sekda Babel Sebut Draft RZWP3K Sudah Tahap Akhir, Siapkan Hasil Konsultasi Publik

"Misalnya ada wilayah yang strategis menurut Pertambangan, tapi menurut kelautan dan perikanan ini juga stetegis. Ini harus didiskusikan,"

Bangka Pos/Krisyanidayati
Sekda Babel, Yan Megawandi. Bangka Pos/Krisyanidayati 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

POSBELITUNG.COM, BANGKA - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi mengatakan penyelesaian draft Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau Pulau kecil sudah mencapai tahapan akhir sekitar 80 persen.

"Kita kemarin menyelesaikan finishing Konsultasi publik, jadi kalau di kegiatan ini tahap ketiga. Seluruhnya ada tahapan ketiga. Kita sedang menyiapkan hasil dari konsultasi publik itu. Sekitar 80 persen," kata Yan, Kamis (18/1/2018).

Ia menjelaskan saat ini RZWP3K sedang dalam tahapan Konsultasi ke pemerintah pusat yakni Ke Kementerian Kelautan Perikanan dan Menko Kemaritiman.

Menurutnya, Pemprov Babel harus mendapatkan arahan pusat terkait wilayah strategis yang ada di wilayah zonasi.

Yan menyebutkan bukan tidak mungkin ada irisan dan overlaping di wilayah-wilayah tertentu, dianggap memiliki dua sektor strategis.

"Misalnya ada wilayah yang strategis menurut Pertambangan, tapi menurut kelautan dan perikanan ini juga stetegis. Ini harus didiskusikan," ujarnya.

Menurutnya, beberapa sektor yang overlaping seperti tambang, wisata, lingkungan hidup, dan kepentingan nelayan dan perikanan.

Mantan kepala Bappeda Babel ini, mengutarakan pihaknya sudah menerima masukan wilayah zonasi dari kabupaten/kota.

"Masukan dari kabupaten/kota juga sudah kita masukkan. Makanya kita perlu pencermatan dari pemerintah pusat. Keputusan kita minta dari pemerintah pusat berkaitan dengan sektor strategis yang overlaping di suatu lokasi. Kalau enggak overlaping enggak masalah," tutup Yan.

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved