Breaking News:

Gusong Bugis Siapkan Dermaga Sunset

Agaknya wajar karena garis pantai Gusong Bugis tampak lebih condong ke barat dibandingkan Tanjungpendam.

Editor: Edy Yusmanto
Pos Belitung/Novita
Suasana sunset di Gusong Bugis Desa Juru Seberang. Di lokasi ini akan dibangun dermaga sunset oleh kelompok HJKM Seberang Bersatu. POS BELITUNG/NOVITA 

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Sebuah dermaga sunset sedang dibangun di objek wisata Gusong Bugis, Desa Juru Seberang, Tanjungpandan.

Rencananya dermaga itu bakal rampung dan bisa dinikmati pengunjung pada Februari 2018 mendatang.

Gusong Bugis adalah kawasan pantai eks tambang timah yang kini dikelola oleh kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKm) Seberang Bersatu.

Sedangkan pembangunan dermaga sunset adalah bagian dari program Belitung Mangrove Park yang dikerjakan oleh kelompok HKm tersebut bersama organisasi Terumbu Karang Indonesia (Terangi) dan Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) tahun 2017.

Ketua HKm Seberang Bersatu Marwandi mengatakan, dermaga sunset dibangun berbentuk lingkaran berdiameter 36 meter. Pada bagian tengah lingkaran juga dibangun kafe bertema kafe sunset.

“Dari pantai ke dermaga itu panjangnya sekitar 150 meter, Insya Allah Februari ini bisa rampung,” kata Marwandi kepada Pos Belitung, Jumat (19/1/2018).

Marwandi belum berani menyatakan bahwa ini adalah dermaga sunset terpanjang dan terbesar di Bangka Belitung. Namun yang jelas, dermaga ini dibangun berdasarkan potensi yang ada di Gusong Bugis.

Pos Belitung pernah melihat langsung betapa sunset terasa begitu dekat ketika kita berdiri di pantai Gusong Bugis.

Agaknya wajar karena garis pantai Gusong Bugis tampak lebih condong ke barat dibandingkan Tanjungpendam.

“Kami sudah siapkan kapal, jadi nanti pengunjung bisa merapat ke dermaga sunset ini dari Tanjungpendam,” kata Marwandi.

Selain itu, pihak HKm juga menyiapkan paket-paket wisata lainnya. Di antaranya untuk melayani rute dari dermaga sunset ke sejumlah lokasi di sekitarnya.

“Dermaga ini sebenarnya bagian dari track mangrove sepanjang 1 kilometer yang disiapkan di lokasi HKm, jadi nantinya ada paket-paket wisata yang juga kami buat,” kata Marwandi.

Dermaga sunset bukan hanya menawarkan pemandangan matahari terbenam. Pengunjung bisa melihat keseharian masyarakat nelayan seperti mancing ikan bebulus, mencari kerang dan menjaring ikan.(kk1)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved