Produk UKM Belitung Dilirik Mitra Eksportir Pemerintah

Produk UKM Kabupaten Belitung teri krispi dan pilus mulai dilirik untuk dijadikan produk ekspor

Produk UKM Belitung Dilirik Mitra Eksportir Pemerintah
Pos Belitung/Dede Suhendar
Kabid Koperasi UKM, Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Mula Samosir. Pos Belitung/Dede Suhendar 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Produk UKM Kabupaten Belitung teri krispy dan pilus mulai dilirik untuk dijadikan produk ekspor.

Bahkan sudah terdapat mitra eksportir yang difasilitasi Kementerian Perdagangan melihat produk-produk hasil olahan dari Belitung itu.

Akan tetapi, masih terdapat kekurangan daya saing produk yang harus dipenuhi satu diantaranya sertifikasi SNI sebagai standar layak ekspor.

"Kami dari Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja bersama Sekda Kabupaten Belitung sudah berkoordinasi dengan Deputi Pemasaran dan Produksi Kementerian KUKM. Dalam waktu dekat bapak Deputi akan melakukan kunker untuk membina, memverifikasi produk yang layak ekspor," ujar Kabid Koperasi UKM, Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Mula Samosir kepada posbelitung.com, Selasa (30/1/2018).

Selain itu, kata dia, Kementerian Koperasi dan UKM juga akan membantu memfasilitasi dengan Kementerian Perdagangan terkait teknis prosedur ekspor.

Dampak yang akan timbul dari terobosan go internasional itu peningkatan produktifitas. Oleh sebab itu, para pelaku UKM membutuhkan dukungan biaya baik dari pemda maupun perbankan berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Penulis: Dede Suhendar
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved