Breaking News:

KPU Beltim Gelar Uji Publik Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Beltim pada Pemilu 2019

KPU Beltim menggelar uji publik rancangan penataan daerah pemilihan (dapil) pemilihan dan alokasi kursi DPRD

Penulis: Dedi Qurniawan | Editor: Edy Yusmanto
Pos Belitung/Dedi Qurniawan
Caption: Uji publik usulan Dapi dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Beltim pada Pemilu 2019 di Rumah Makan Fega, Manggar, Beltim, Sabtu (10/2/2018). (POSBELITUNG/DEDY Q) 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - KPU Belitung Timur (Beltim) menggelar uji publik rancangan penataan daerah pemilihan (dapil) pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD kabupaten/kota untuk Pemilu 2019 mendatang, Sabtu (10/2/2018).

Mengundang pengurus parpol, Panwaslu Beltim, dan organisasi masyarakat di Beltim, uji publik digelar di Rumah Makan Fega, Manggar, Beltim.

KPU Beltim sendiri telah membuat usulan rancangan penatan dapil untuk pemilihan anggota DPRD kabupaten/ kotapada Pemilu 2019 mendatang. Dapil untuk Pemilihan Anggota DPRD Beltim pada Pemilu 2019 diusulkan terdiri dari tiga dapil, yakni dapil Manggar-Simpangrenggiang (9 kursi), Gantung- Simpangpesak-Dendang (9 kursi), dan dapil Damar-Kelapakampit (7 kursi).

Rancangan dapil tersebut, ujar Ketua KPU Beltim Pirmawan, diusulkan berdasarkan prinsip-prinsip penetapan dapil dan sudah disosialisasikan‎ ke publik. ‎ Saat ini KPU Beltim sedang membuka ruang untuk publik menanggapi usullan rancangan daerah pemilihan (dapil) Beltim dan alokasi kursi ini . ‎ "Sesuai mekanisme, rancangan dapil ini harus dicermati dulu oleh publik," ujar Pirmawan.

Pirmawan, menjelaskan, berdasarkan juknis, usulan ini masih dimungkinkan bertambah selama ada keinginan publik yang didukung dengan bahan kajian. Rencananya, dapil untuk Pemilu 2019 diperkirakan akan ditetapkan oleh KPU RI pada Maret 2019 mendatang.‎
"Jika ada keinginan publik untuk pemekaran dapil, kami minta mereka menyampaikan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam uji publik, kajian-kajian yang dapat dijadikan bahan pertimbangan," beber Pirmawan. (*)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved