Breaking News:

Ini Empat BUMDes di Belitung Timur yang Dinilai Aktif

Sejumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) dinilai aktif. BUMDes tersebut di antaranya adalah...

Penulis: Dedi Qurniawan |
Pos Belitung/Dedy Qurniawan
Kabid Pemberdayaan Masyarakat DSPMD Beltim Harsilaini. POS BELITUNG/DEDY QURNIAWAN 

‎Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - Sejumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) dinilai aktif.

BUMDes tersebut di antaranya adalah BUMDes Batu Penyuk, BUMDes Lenggang, BUMDes Dukong‎, dan BUMDes Buding.

Penilaian ini disampaikan oleh Kepala Bidan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Beltim Harsilaini, Senin (6/2/2018).

"Ini tergantung semangatnya. Kalau semangat, kelihatan pengembangannya cepat. Tergantung direkturnya," ucap Harsilaini didampingiKasi Pemberdayaan Masyarakat dan Ekonomi Kemasyarakatan Meliana.

BUMDes Batu Penyu Maju Berkah misalnya, kata Harsilaini, bergerak di bidang pengolahan ketela ungu, tepung singkong, hingga lada bubuk.

"Pemasaran ladanya sampai ke Jakarta. Kemarin pernah kirim sampai 60 kilogram," ucap Harsilaini.

Adapun BUMDes Lenggang Membangun dnilai aktif bergerak di sektor pengelolaan pariwisata Lenggang dan sekitarnya.

BUMDes Lenggang misalnya mengelola kawasan wisata Replika SD Laskar Pelangi dan sekitarnya.

Kemudian ada pula BUMDes Aik Kelik Mandiri yang bergerak di bidang pembuatan kusen, serta BUMDes Mayang Harapan Sejahtera Desa Mng bergerak di sektor pembuatan es balok untuk perikanan.

"Itu jalan. BUMDes Bumi Jaya Buding juga bagus, mereka kerja sama dengan Stellindo (perusahaan perkebunan sawit) untuk jasa angkutan buah sawit," tutur Harsilaini.‎

Sebelumnya diberitakan, ‎hingga Februari 2018, sebanyak 32 dari 39 desa di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) telah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). ‎

Ketujuh desa yang belum memiliki BUMDes tersebut adalah Desa Buku Limau, Jangkar Asam, Cendil, Pembaharuan, Desa Renggiang, Lintang, dan Desa Tanjung Batukelumpang. (*)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved