Dukcapil dan RSUD Belitung Timur Saling Berkoordinasi Mudahkan Pelayanan GISA

Program itu dimotori oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) serta RSUD Belitung Timur. Program perdana itu sebagai...

Dukcapil dan RSUD Belitung Timur Saling Berkoordinasi Mudahkan Pelayanan GISA
Pos Belitung/Disa Aryandi

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur (Beltim), Rabu (28/2/2018) secara resmi telah meluncurkan program Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA).

Program itu dimotori oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) serta RSUD Belitung Timur.

Program perdana itu sebagai upaya pemerintah buat memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Terutama buat memperoleh tiga administrasi kependudukan, Akta Kelahiran (AK), Kartu Keluarga (KK) terbaru dan Kartu Identitas Anak (KIA).

"GISA ini adalah instruksi Menteri Dalam Negeri yang baru diinstruksikan tanggal 7 Februari kemarin. Artinya sekarang kami masih mempersiapkan itu, dan di Provinsi juga belum ada, jadi bisa dikatakan GISA hari ini (kemarin) perdana," kata Kepala Dukcapil Beltim Ernadi kepada posbelitung.co Rabu (28/2/2018)

GISA tersebut guna pengurusan Administrasi Kependudukan (Adminduk) secara cepat.

Terutama kepada orang tua yang baru melahirkan bayi mereka dan petugas kepengurusan Adminduk tersebut, langsung stand by di RSUD Belitung Timur (Beltim).

Untuk mendapatkan GISA itu secara cepat, kata Ernadi, sangat mudah sekali, pemohon atau masyarakat hanya diminta untuk menyiapkan berbagai persyaratan seperti membawa fotocopy KTP, KK, KK Asli, buku nikah dan surat pengantar dari Desa serta Kecamatan.

"Habis itu lapor ke petugas kami (dukcapil) yang ada disini (RSUD Beltim). Setelah semua diproses, nanti akan di serahkan kembali kepada pemilik nya dengan Akminduk lengkap, termasuk dibuatkan identitas bayi," ucapnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved