ADVERTORIAL

Belitung Wujudkan Daerah Sadar Administrasi Kependudukan

Disdukcapil Kabupaten Belitung mengencangkan program sebagai daerah Sadar Administrasi Kependudukan (Admin­duk).

Belitung Wujudkan Daerah Sadar Administrasi Kependudukan
Istimewa
PROGRAM KERJA - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Belitung Dra Hotmaria Ida saat melapor tentang program kerja dan capaian kinerja instansinya kepada Pj Bupati Belitung Drs H Sahirman MSi di ruang kerja bupati. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Belitung mengencangkan program sebagai daerah Sadar Administrasi Kependudukan (Admin­duk).

Program ini merupakan bagian dari Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) yang merupakan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia nomor 470 /837/SJ.

GISA bertujuan menimbulkan kesadaran pentingnya adminduk.

PROF Dr Zudan Arif Fakrulloh SH MH foto bersama para kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil se-Indonesia saat rapat koordinasi nasional (Rakornas), siap menyukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) menuju sukses Pilkada Serentak 2018  dan Pemilu 2019.
PROF Dr Zudan Arif Fakrulloh SH MH foto bersama para kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil se-Indonesia saat rapat koordinasi nasional (Rakornas), siap menyukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) menuju sukses Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019. (Istimewa)

Kepala Disdukcapil Belitung Hotmaria Ida menuturkan, kesadaran adminduk itu berupa peningkatan perilaku tertib administrasi, pemenuhan pelayanan lewat jemput bola, dan peningkatan nilai guna dokumen kependudukan untuk layanan publik.

“Jadi selama ini orang menilai Kartu Tanda Penduduk (KTP) itu hanya sebatas identitas, padahal KTP ini juga menunjukan banyak hal, termasuk data terkait daerah seperti bagaimana status kawin penduduk, pekerjaannya, hingga menghitung keberhasilan pemerintah mengatasi pengangguran. Jadi nilainya bukan semata-mata ‘aku punya KTP’, tapi semua elemen ada dan bisa dipertanggungjawabkan,” kata Ida, Selasa (6/3/2018).

FOTO bersama Laskar Pelinge dengan Anggota DPD RI utusan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Drs H Hudarni Rani SH.
FOTO bersama Laskar Pelinge dengan Anggota DPD RI utusan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Drs H Hudarni Rani SH. (Istimewa)

Disdukcapil Belitung juga baru-baru ini telah meluncurkan GISA. Peluncuran juga kebetulan bersamaan dengan kunjungan anggota DPD RI Hudarni Rani.

Mantan Gubernur Bangka Belitung (Babel) itu merespons positif kerja disdukcapil di Belitung.

“Beliau bilang, tidak ada pilihan lain, bahwa data kependudukan, yang diperca­yakan satu-satunya ke disdukcapil,” kata Ida.

KERJA sama antara PMI dan Disdukcapil Kabupaten Belitung berupa fasilitas pelayanan pengecekan golongan darah di area kantor disdukcapil, sehingga masyarakat terbantu baik dari segi waktu maupun biaya transportasi.
KERJA sama antara PMI dan Disdukcapil Kabupaten Belitung berupa fasilitas pelayanan pengecekan golongan darah di area kantor disdukcapil, sehingga masyarakat terbantu baik dari segi waktu maupun biaya transportasi. (Istimewa)

Selain GISA, Disdukcapil Belitung juga menggencarkan inovasi pelayanan adminduk lintas sektoral.

KEPALA Disdukcapil Kabupaten Belitung Dra Hotmaria Ida menandatangani perjanjian kerja sama dengan BPJS Kesehatan.
KEPALA Disdukcapil Kabupaten Belitung Dra Hotmaria Ida menandatangani perjanjian kerja sama dengan BPJS Kesehatan. (Istimewa)

Beberapa di antaranya adalah menyediakan loket pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan dan menyediakan pojok Palang Merah Indonesia (PMI) buat cek darah guna keperluan golongan darah di KTP elektronik.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: tidakada024
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved