Breaking News:

Kepala BPKAD Sebut Data Omspan untuk Kabupaten Belitung Belum Rampung

Data Omspan juga menggambarkan realisasi penyerapan Dana Desa sesuai dengan laporan yang sudah diinput oleh admin Omspan itu sendiri.

Pos Belitung/Dede Suhendar
Kepala BPKAD Kabupaten Belitung Jayusman 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Belitung Jayusman menilai data online monitoring sistem perbendaharaan anggaran negara (Omspan) untuk Kabupaten Belitung belum rampung.

Data Omspan juga menggambarkan realisasi penyerapan Dana Desa sesuai dengan laporan yang sudah diinput oleh admin Omspan itu sendiri.

"Memang kalau untuk Kabupaten Belitung belum seluruhnya terinput di Omspan. Kami tertahan karena pihak desa sendiri belum semuanya menyampaikan ke kami data realisasinya," ujar Jayusman saat dihubungi posbelitung.co, Kamis (8/3/2018).

Menurutnya jika data realisasi 42 desa sudah terinput ke Omspan maka capaian persentase secara otomatis akan bertambah.

Ia memperkirakan secara keseluruhan realisasi penyerapan Dana Desa untuk Kabupaten Belitung mencapai sekitar 90 persen.

Berdasarkan update data Omspan Kabupaten Belitung, tersisa empat desa yang belum menyampaikan realisasi penyerapan Dana Desa yaitu Desa Pulau Sumedang, Pegantungan, Membalong dan Mentigi.

"Karena sekarang admin Omspan itu sekarang di kami. Sampai hari tinggal empat desa yang belum menyampaikan realisasinya ke kami, sedangkan sisanya belum diupload makanya belum keluar di Omspannya," katanya.

Kemudian, untuk Dana Desa tahun 2018 tahap I sudah disalurkan ke rekening Kas Umum Daerah semenjak 23 Februari lalu.

Namun belum satu desa pun yang mengajukan permohonan pencairan.

"Tahap I sudah masuk, cuman sampai hari ini belum ada yang mengajukan. Karena persyaratan itu tadi seperti verifikasi dan evaluasi, Perdes dan lainnya harus dipenuhi dulu sebelum pencairan," katanya.

Penulis: Dede Suhendar
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved