Breaking News:

Waspada! Musim Hujan Pancaroba Berpotensi Puting Beliung

BMKG Pangkalpinang menghimbau kepada seluruh masyarakat di wilayah Bangka Belitung untuk lebih berhati-hati saat hujan tiba.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Bangka Pos/Adinda Rizki Amanda
Begini keadaan rumah Buhori di jalan gang Swadaya Sungaiselan 

Laporan Wartawan Bangka Pos Adinda Rizki Amanda

POSBELITUNG.CO- Musim hujan yang mengguyur Bangka Belitung beberapa pekan ini banyak menimbulkan musibah.

Seperti yang baru ini terjadi pada warga desa Sungaiselan Buhori (50) yang rumahnya mengalami rusak parah setelah angin puting beliung berhasil menerbangkan atap rumahnya di wilayah gang swadaya Sungaiselan, Sabtu (7/4/2018).

Hujan yang terjadi sekitar pukul 15:40 Jumat sore hari, menyebabkan beberapa rumah di jalan gang swadaya rusak parah.

Menurut saksi mata Yuliana (43) warga gang Swadaya Sungaiselan yang tinggal di samping rumah Buhori ini mengungkapkan saat hujan lebat tiba-tiba angin kencang langsung datang menarik atap-atap rumah Buhori.

"Saat itu saya, Nursina anak pak Buhori dan 5 warga lainnya sedang duduk santai di dalam rumah pak Buhori. Tiba-tiba datang Anging kencang sampai atap rumah Buhori terlempar sejauh 30 meter dari jarak rumah" tutur yuliana saat menunjukan keadaan rumah Buhori.

Berdasakan informasi Kepala data pusat dan informasi BMKG Pangkalpinang Kurniaji (31) mengungkapkan di minggu pertama dan kedua bulan April Babel sudah mulai masuk musim pancaroba.

Saat musim pancaroba mampu berindikasi angin puting beliung. Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat di wilayah Babel untuk lebih berhati-hati saat hujan tiba.

"Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Babel untuk berhati-hati saat hujan turun, jika tidak ada kegiatan di luar rumah lebih baik masuk ke rumah agar terhindar dari musibah angin puting beliung. Apabila warga melihat awan yang berciri-ciri tebal, tinggi dan menggumpal seperti bentuk bunga kol, maka warga harus berhati-hati karena awan seperti itu akan menimbulkan angin puting beliung" jelasnya kepada Bangka Pos Group.

Saat ini Bangka Belitung  masih masuk musim pancaroba namun minggu ketiga dan keempat bulan April sudah masuk musim kemarau hingga akhir bulan Oktober.

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved