Breaking News:

Lulusan SMA Banyak Mencari Pekerjaan Di Bangka Tengah

Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan Bangka Tengah mencatat pencari kerja tak menentu selama tiga tahun.

ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Ilustrasi pengangguran 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

POSBELITUNG.CO - Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan Pemkab Bangka Tengah mencatat pencari kerja di Banga Tengah tak menentu selama tiga tahun terakhir ini.

Dimana pada 2015 jumlah pencari kerja dari berbagai tingkat pendidikan sebanyak 350 orang, pada 2016 meningkat menjadi 760 orang dan 2017 kembali menurun menjadi 490 orang. Dari total jumlah itu didominasi dengan pencari kerja banyaj berasal dari lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Dari 2015 sebanyak 277 orang, 2016 sebanyak 399 orang dan 2017 sebanyak 331 orang pencari pekerjaan lulusan SMA.

Kadis Elly Irsyah DPMPTK melalui Kasi Pelatihan Tenaga Kerja Syahrodoni yang mengatakan data yang didapatkan itu dari mereka yang ingin mencari pekerjaan dan membuat kartu pencari kerja di Bangka Tengah.

"Dilihat dari data tiga tahun terakhir dari 2015 hingga 2017 jumlah pencari kerja yang terdaftar di dinas mengalami peningkatan di tahun 2015 ke 2016, sementara mengalami penurunan dari 2016 ke 2017, ini mungkin salah satu penyebabnya waktu itu banyak pembukaan suatu penerimaan lowongan kerja yang besar sehingga banyak pencari kerja mendaftarkan,"jelas Syahrodoni kepada wartawan, Senin (16/4/2018)

Ia mengatakan, untuk melihat jumlah pencari kerja di Bangka Tengah mereka memiliki pelayanan yang bisa dilihat pada bursa online.

"Data kita dapatkan dari pelayanan bursa kerja online yang ada di dinas, mereka mencari lowongan dan mendaftar kartu pencari kerja di situ kita mendapatkan datanya. Para pencari kerja yang terdaftar kebanyakan lulusan pendidikan SMA,"ujarnya

Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved