Honda Gelar Sosialisasi Safety Riding Education di Kantor Bangka Pos

Tim safety riding dari Honda Bangka Belitung mengadakan sosialisasi pendidikan aman berkendara di ruang pertemuan lantai 2 Kantor Bangka Pos

Editor: Khamelia
Bangkapos/Putrie Agusti Saleha
Tim safety riding Honda berfoto bersama Pemimpin Redaksi Bangka Pos, Syarif Dayan, GM Bisnis/Manager Iklan, Vivi dan kru bangkapos 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Putrie Agusti Saleha

POSBELITUNG.CO--Tim safety riding dari Honda Bangka Belitung mengadakan sosialisasi pendidikan aman berkendara di ruang pertemuan lantai 2 Kantor Bangka Pos, Pangkalpinang, Rabu (18/04/18) pagi.

Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan oleh Rigo selaku instruktur dari tim safety riding Honda terkait penyebab-penyebab kecelakaan yang sering terjadi.

"Penyebab kecelakaan di jalan raya dapat kita kelompokkan menjadi 3 kelompok, yakni berdasarkan manusia, lingkungan dan kendaraan. Bisa karena ketika sedang emosi kita mengendarai kendaraan akan menyebabkan kecelakaan, lalu kondisi motor yang kurang baik serta jalanan yang licin akibat hujan," Jelas Rigo dihadapan kru Bangka Pos.

Kegiatan dilanjutkan dengan praktik cara mengerem yang baik, cara menikung di tikungan yang benar dan menjaga keseimbangan tubuh saat berkendara.

"Untuk mengerem yang baik terutama untuk motor model sport, kita tidak boleh menggunakan rem depan saja atau rem belakang saja. Namun ketika ngerem, harus ada kolaborasi antara rem depan dan belakang, 70 persen harus menggunakan rem belakang dan 30 persen menggunakan rem depan," ujar Rahardi.

Kemudian untuk kecepatan ideal ketika mengerem, menurut Rahardi harus pada kecepatan serendah-rendahnya.

"Ketika kita mengendarai kita lihat dulu keadaan jalannya, apabila jalan tersebut sepi, pada kecepatan 70 km/jam sudah termasuk kecepatan yang ideal untuk mengerem. Selain itu, kita juga harus memperhatikan faktor umur, keseimbangan badan dan responsif fisik serta keadaan motor yang baik," imbuhnya. (q1)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved