Dua Desa Tertinggal di Belitung Timur Diharap Bisa Cepat Maju

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Ikhwan Fahrozi mengaku belum mengetahui masih ada dua desa tertinggal

Dua Desa Tertinggal di Belitung Timur Diharap Bisa Cepat Maju
Posbelitung/suharli
Sekda Belitung Timur Ikhwan Fahrozi. 

Laporan Wartawan Posbelitung, Suharli

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Ikhwan Fahrozi mengaku belum mengetahui masih ada dua desa tertinggal di Kabupaten Belitung Timur.

"informasi dari dua desa tertinggal kami belum mendapatkan data dari Provinsi, tapi dari data 2014 silam memang ada desa yang tertinggal yaitu Desa Tanjung Kelumpang dan Desa Buku Limau," kata Sekda Beltim kepada Posbelitung, (8/5/2018)

Sekda Beltim menjelaskan di Desa Tanjung Kelumpang variabel yang tidak terpenuhi adalah belum tertatanya MCK,  sedangkan untuk Desa  Buku Limau memang belum memiliki aliran listrik 24 jam,  tapi data tersebut diambil 2014 silam.

Ikhwan menambahkan, beberapa waktu lalu PLN kepada Pemda Beltim menyampaikan mulai satu Mei 2018 Desa Buku Limau sudah bisa menggunakan listrik 24 jam, sedangkan Desa Tanjung kelumpang untuk MCK sudah juga sudah tertata.

"Artinya kalau semua variabel sudah terpenuhi, di Belitung Timur harusnya sudah tidak ada desa tertinggal," ujar Ikhwan kepada posbelitung.co (7/8)

Ikhwan juga mengimbau untuk meningkatkan menjadi desa maju dari tertinggal, tidak hanya mengharapkan bantuan pemerintah, namun masyarakat harus  berpartisipasi aktif dalam membangun Desa

Kepala Bidang kerjasama dan administrasi penataan desa Ida Lismawati, menyampaikan Buku Limau dikatakan desa Tanjung Kelumpang tertinggal, berdasarkan dari Indeks Desa Membangun 2016. Sedangkan Desa Buku limau Karena lokasi terpencil, fasilitas  listrik, serta sarana dermaga dan akses transportasi belum maksimal.

Mereka dapat meningkatkan status dan mandiri bisa sama dengan perkembangan desa lain dibelitung dan bisa meningkatkan pendapatan asli desa PADES. Supaya dapat meningkat status dari tertinggal menjadi maju. 

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved