Kisah Juli Arman Merintis Minyak Serai Abel Asli Belitung yang Memiliki Segudang Manfaat

Manfaat dari minyak serai Abel dapat digunakan, mengurangi mual muntah, meringankan sinus dan membuka saluran pernapasan, sebagai minyak pijat

Kisah Juli Arman Merintis Minyak Serai Abel Asli Belitung yang Memiliki Segudang Manfaat
Posbelitung/ Suharli
Juli Arman Sutejo pemilik Produk minyak serai Abe (kanan) bersama Husnul Yaqin menunjukan tropinya. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Suharli

POSBELITUNG.CO -- Berawal dari coba-coba membuat minyak serai kini bisa menambah kebutuhan ekonomi hal tersebut disampaikan Juli Arman Sutejo pemilik Produk minyak serai Abel pada Posbelitung.co ketika meramaikan kegiatan bulan bakti gotong royong masyarakat (BBGRM) ke XV di Desa Selinsing, Gantung pada (8/5/2018).

Tejo menceritakan, bahwa ia melihat di dekat rumahnya ada gudang penyulingan arak.

"Kalau buat arak tentulah dilarang, di gudang penyulingan aku lihat banyak minyak serai, pas saya liat serai mereka gak yakin aku bisa bikin minyak serai, dan bisa mengangkat ekonomi kite," ungkapnya.

Dengan semangat itu lah Tejo berpikir kawan-kawannya akan tahu, dan bukan cuman kata-kata hasilnya pun tidak sia-sia.

Produk Minyak Serai Abel asli Belitong
Produk Minyak Serai Abel asli Belitong (Posbelitung/Suharli)

Dalam pembuatan minyak serai Tejo dibantu Husnul Yaqin sebagai tester untuk pijat refleksi, dari husnul yang memberikan masukan dan diperbaiki terus hingga ditemukan formula minyak serai yang ditemukan dan masyarakat menerima.

Tejo mengatakan memilih serai wangi karena karena rendemennya lebih besar dari pada serai biasanya, dan wanginya lebih ngangkat dari pada serai lokal.

Tejo juga memberanikan diri untuk merancang alat untuk membuat serai wangi, bahkan tidak jarang dari dinas-dinas menyambangi tempat produksi Minyak serai Tejo. Untuk melihat simulasi pembuatan minyak serai ini.

Manfaat dari minyak serai Abel dapat digunakan, mengurangi mual muntah, meringankan sinus dan membuka saluran pernapasan, sebagai minyak pijat, dan pengusir serangga alami.

Dari segi ekonomi tejo mengatakan serai wangi menjanjikan, selain untuk minyak serai wangi, banyak kegunaan dapat juga untuk campuran pembuat sabun dan minyak wangi, dimana dalam minyak wangi minyak serai ini menjadi penguat dalam parfum.

Tejo berharap kedepannya berencana membuat kemasan berbeda, dan terus berkarya dan bisa lebih dari saat ini.

Tester minyak refleksi Husnul  Yaqin, teman Tejo mengatakan  produksi minyak serai abel sudah dua tahun,  namun untuk sementara penjualan minyak serai Abel hanya dipasarkan di seputaran Belitung Timur saja,

"Dari dinas Perindagkop hanya diperjualbelikan tidak keluar Belitung timur, untuk memikat pengunjung Wisatawan agar bisa membeli produk daerah sini," ujar Husnul kepada Posbelitung.co.

Untuk harga perbotol kecil ukuran 30 mililiter dijual Rp 10 ribu sedangkan 60 Mililiter Rp 20 ribu.

kesempatan waktu yang sama Tejo juga menyabet juara dua dalam lomba teknologi tepat guna tingkat kabupaten Belitung Timur dimana Tejo mengikut sertakan alat penyulingan serai rancangannya dan pengumumannya bertepatan dengan BBGRM ke XV desa Selinsing. (q5)

Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved