Disperindag Temukan Produk Hampir Kadaluarsa dan Tidak Ada Label Harga Di Ritel Modern

Pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Babel menemukan ada beberapa produk yang hampir habis masa edar dan tidak ada label harga di ritel modern.

Disperindag Temukan Produk Hampir Kadaluarsa dan Tidak Ada Label Harga Di Ritel Modern
(nurhayati/bangkapos.com)
Tim Terpadu Babel saat melakukan sidak keamanan pangan, Selasa (15/5/2018) di Puncak Swalayan. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

POSBELITUNG.CO - Pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Babel menemukan ada beberapa produk yang hampir habis masa edar dan tidak ada label harga di ritel modern.

Temuan ini dari hasil pengawasan keamanan bahan pangan saat sidak bersama Tim Terpadu Babel, Selasa (25/5/2018) di Puncak Swalayan, Pasar Kite dan Toko Crisco di Sungailiat.

Menurut Kabid Perlindungan Konsumen dan Kemetrologian Disperindag Babel, Rinaldy display ritel modern/swalayan harus ada label harga karena konsumen bisa memilih cocok tidak dengan buget yang dimiliki.

"Kalau seperti ini tidak ada label harga ada kemungkinan konsumen ditipu yang punya supermarket karena ketidaktahuan harga. Masalah kebersihan juga harus diperhatikan," jelas Renaldy kepada bangkapos.com.

Tim Terpadu Babel saat melakukan sidak keamanan pangan, Selasa (15/5/2018) di Puncak Swalayan.
Tim Terpadu Babel saat melakukan sidak keamanan pangan, Selasa (15/5/2018) di Puncak Swalayan. ((nurhayati/bangkapos.com))

Jika ritel modern tidak memasang label harga bisa mendapat sanksi di Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Namun untuk temuan ini pihaknya hanya memberikan surat peringatan kepada pemilik toko swalayan jangan sampai terulang kembali karena sangat penting untuk perlindungan konsumen.

Mengenai stok sembako dan gas di Babel jelang Ramadan ini, Renaldy memastikan cukup dan harga barang-barang pokok masih stabil. Sedangkan untuk sagu diakuinya ada kelangkaan karena dari pihak produsen tidak bisa mencukupi kebutuhan pasar.

"Indikasi permainan kita belum ada temuan untuk sementara ini. Indikasi permainan seperti apa kita perlu penyelidikan lagi," kata Rinaldy.

Untuk memantau harga dan stok bahan-bahan kebutuhan pokok pihaknya rutin melakukan pantauan dalam satu minggu bisa tiga atau empat kali di distributor.

Menjelang Ramadan ini juga akan melaksanakan operasi pasar yang dilakukan oleh Bidang Perdagangan Disperindag Babel.

Penulis: nurhayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved