Breaking News:

Enam Kepala Daerah Kabupaten/Kota Bebaskan BPHTB Program PTSL, Tapi Belitung Tidak

Padahal enam Kepala Daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terkecuali Kabupaten Belitung, telah membuat kebijakan pembebasan BPHTB...

Penulis: Disa Aryandi
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Kepala BKPSDM Babel, Sahirman Jumli. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Program nasional Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) pada sertifikat tanah belum mendapat dukungan sepenuhnya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung.

Itu terlihat dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang masih dibebankan kepada masyarakat alias belum dibebaskan.

Padahal enam Kepala Daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terkecuali Kabupaten Belitung, telah membuat kebijakan pembebasan BPHTB untuk mendukung program PTSL.

Sehingga tidak menuai kendala pada penumpukan sertifikat yang belum dibagi.

"Itu nanti kami akan rapat koordinasi dulu. Mungkin nanti kami akan panggil pak Sekda dan pihak BPN dalam waktu dekat ini, buat membicarakan permasalahan ini," kata Pjs Bupati Belitung Sahirman Jumli kepada posbelitung.co, Minggu (20/5/2018).

Kata Sahirman, tidak dipungkiri pihak BPN sebelumnya sudah menyampaikan bahwa sudah banyak penumpukan sertifikat tanah di kantor BPN, khusus program PTSL.

Namun terkait pembebasan BPHTB tersebut, pemerintah masih akan melakukan pembahasan lebih lanjut.

"Yang jelas saya akan lakukan rapat koordinasi dulu. Kalau mereka (masyarakat) dibebankan BPHTB seperti apa, terus kalau di gratiskan BPHTB bagaimana. Tapi tentunya harus melihat berbagai aturan terlebih dahulu," ucapnya.

Buat program PTSL tersebut, kata Sahirman, memang masyarakat sangat berharap ada pembebasan BPHTB, lantaran biaya pembuatan sertifikat tanah gratis.

Namun buat penyelesaian persoalan tersebut, pemerintah harus secara mendetail melihat berbagai aturan.

"Apakah kami mengacu ke Kabupaten lain atau bagaimana nanti, nah apabila memungkinkan untuk di gratiskan, kami akan pelajari dulu, karena tidak bisa dikeluarkan begitu saja," bebernya. (*)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved