Ini Sasaran Program PTSL Tahun 2018 dan Lama Pembuatan Sertifikat Tanah di BPN

Dari sejumlah desa tersebut, petak tanah yang bakal diukur oleh konsultan yaitu sebanyak 10.000 bidang tanah yang seluruhnya berada di...

Ini Sasaran Program PTSL Tahun 2018 dan Lama Pembuatan Sertifikat Tanah di BPN
Pos Belitung/Disa Aryandi
Anton Jumantoro. Pos Belitung/Disa Aryandi 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Setidaknya ada empat desa di Kabupaten Belitung yang mendapat program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) di tahun 2017 lalu.

Empat desa tersebut yakni Desa Kembiri, Desa Simpang Rusa, Desa Membalong dan Desa Badau.

Pada tahun 2018 ini, yang menjadi sasaran pembuatan sertifikat tanah gratis tersebut yaitu Desa Tanjung Rusa, Desa Bantan, Desa Perpat, Desa Padang Kandis, Desa Lassar, Desa Gunung Riting, Desa Mentigi, Desa Ibul dan Desa Kacang Butor.

Dari sejumlah desa tersebut, petak tanah yang bakal diukur oleh konsultan yaitu sebanyak 10.000 bidang tanah yang seluruhnya berada di Kecamatan Membalong.

Dari 10.000 bidang tanah itu, target pembuatan sertifikat tanah sebanyak 9.450 sertifikat.

"Nah yang sudah diukur sekarang sekitar 7000 bidang tanah (dari konsultan), dan yang dari pegawai kami sekitar 1.200 yang sudah diukur. Kalau yang baru ini menjadi kendala karena berkasnya agak lelet, dan Insya Allah bulan tujuh selesai. Nah kalau pengukuran kami gunakan pihak ketiga, karena sudah banyak," kata Kepala Kantor BPN Kabupaten Belitung Anton Jumantoro kepada posbelitung.co, Minggu (20/5/2018).

Secara umum, pemohonan pembuatan sertifikat tanah diluar program PTSL, kata Anton, sesuai dengan SOP yaitu sekitar empat bulan.

Namun dengan catatan, pemohon pembuatan sertifikat tanah itu tidak mengalami kendala apapun.

Terutama pada saat dilakukan pengukuran, sebab biasa ditemukan lahan tersebut tumpang tindih.

"Nah kalau terjadi seperti itu, kami kembalikan dulu berkas pemohonannya, untuk segera di selesaikan. Apalagi jual beli atau peralihan itu harus ada akta jual beli. Ya kalau tidak ada kendala empat bulan selesai," kata dia. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved