Breaking News:

Ribuan Sertifikat Tanah PTSL Belum Kelar, Ketua DPRD Kabupaten Belitung Warning Pemkab Belitung

DPRD Kabupaten Belitung, Senin (21/5/2018) kembali memberikan warning kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Ardhina Trisila Sakti
Pos Belitung/Disa Aryandi
Taufik Rizani. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - DPRD Kabupaten Belitung, Senin (21/5/2018) kembali memberikan warning kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung. Lantaran ribuan sertifikat tanah tahun 2017 lalu, program nasional Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) masih belum selesai.

Kantor Badan Pertanahan Negara (BPN) Kabupaten Belitung, tidak bisa memberi sertifikat tanah tersebut kepada pemohon, lantaran Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) masih belum lunas, alias dibebankan kepada masyarakat.

"Nah seharusnya kemarin memang itu disegerakan oleh pemerintah kabupaten. Lakukan koordinasi, dan kami juga sudah memberikan peringatan sebelumnya untuk itu. Kalau misalkan tidak ada eksen dalam waktu dekat ini, kami akan melakukan pemanggilan kepada sekda, dinas teknis dan bupati," kata Ketua DPRD Kabupaten Belitung Taufik Rizani kepada posbelitung.co, Senin (21/5/2018).

Program PTSL tersebut, kata Taufik, merupakan program pemerintah pusat yang harus mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten. Namun untuk meringankan dan mendukung program PTSL tersebut, pemerintah harus mengambil kebijakan yang bersifat strategis.

Salah satunya dengan meringankan beban pemohon sertifikat tanah, dari BPHTB. Hilangnya BPHTB, pemerintah tidak akan sepenuhnya kehilangan Pendapatan Asli Daerah (PAD), namun hanya sebagian saja.

"Itu kan hanya desa-desa tertentu saja, dan saya sudah pernah sampaikan ini kepada pak Sahirman dan perlu diketahui juga, bahwa kegiatan Pak Jokowi ingin ke Babel kemarin, salah satunya buat simbolis membagikan sertifikat tanah ini (PTSL)," ucapnya. (*)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved