Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Tawarkan Dua Program Jaminan Sosial untuk Nelayan

Namun dua jaminan sosial tersebut, tetap memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Asuransi Jasindo misalnya, mereka dalam...

Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Tawarkan Dua Program Jaminan Sosial untuk Nelayan
Pos Belitung/Wahyu Kurniawan
Dua nelayan sedang memperhatikan dua yacht yang berlabuh di Pantai Tanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Rabu (7/10/2015) sore. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Dinas Perikanan Kabupaten Belitung membantu mengarahkan nelayan agar mendapat jaminan sosial.

Salah satunya dengan memberikan sosialisasi program jaminan sosial tersebut kepada nelayan secara langsung dan bertahap.

Ada dua jaminan sosial itu yang kini diarahkan oleh Dinas Perikanan, yaitu melalui BPJS Ketenagakerjaan dan asuransi Jasindo.

Kedua asuransi tersebut merupakan program mandiri dan keduanya telah menjalin MoU dengan Dinas Perikanan.

"Sekarang kami menawarkan dua dua nya, biar nelayan saja yang memilih mau yang mana. Kalau BPJS iuran nya lebih murah memang dari Jasindo, kalau Jasindo kemarin Rp 175.000,-," kata Kasi Kelembagaan dan Sumber Daya Nelaya Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Ade Winarto kepada posbelitung.co,, Minggu (27/5/2018).

Namun dua jaminan sosial tersebut, tetap memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing.

Asuransi Jasindo misalnya, mereka dalam pencairan cukup lama, tetapi nilai yang didapat oleh kepesertaan tersebut lebih besar.

Sedangkan buat BPJS Ketenagakerjaan, dalam proses pencairan lebih cepat lantaran memiliki kantor di Kabupaten Belitung.

Sehingga apabila melakukan koordinasi lebih cepat dan mudah, serta apabila di rumah sakit sudah terkoneksi berkaitan dengan biaya pengobatan.

"Jadi kami berikan pilihan, apakah mau Jasindo atau BPJS Ketenagakerjaan. Kalau tidak salah sekarang yang sudah beralih dari Jasindo ke BPJS Ketenagakerjaan sekitar 260 orang lebih, dan sistem pembayaran pertahun," bebernya.

Nelayan yang mengikuti jaminan sosial itu, kata dia, saat ini lebih banyak dibanding sebelumnya.

Ini mengingat para nelayan sudah menyadari jaminan sosial tersebut sangat penting, sehingga nelayan ini mengikuti asuransi.

"Nah kedepan nanti, kami tetap akan terus merangkul nelayan agar mengikuti jaminan sosial. Ini juga sebagai perlindungan kepada mereka," pungkasnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved