Kebakaran Jalan Trem Pangkalpinang

ODGJ yang Diduga Jadi Dalang Kebakaran Jalan Trem Akan Dirujuk ke RSJ

Kebakarana rumah warga di Jalan Trem Pangkalpinang diduga akibat api yang dipicu adanya orang dengan gangguan jiwa pada sebuah rumah kosong.

ODGJ yang Diduga Jadi Dalang Kebakaran Jalan Trem Akan Dirujuk ke RSJ
Bangka Pos/ Resha Juhari
Sisa Kebakaran yang menghanguskan rumah warga di Jalan Trem Pangkalpinang 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.CO -  Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Pangkalpinang Fitriansyah mengatakan dari laporan masyarakat sekitar, kebakaran di pemukiman dekat Jembatan Jalan Trem Kamis (31/5/2018) subuh tadi diduga akibat api yang dipicu adanya orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) pada sebuah rumah kosong.

"‎Kami sudah berkoordinasi dengan masyarakat di sana, kalau ODGJ ini memang sudah harus kami tangani, ini akan kami segera tindaklanjuti. Kami akan rujuk ke Rumah Sakit Jiwa untuk pengamanan dia karena kan menurut warga dia sudah mengganggu masyarakat,"ujar Fitriansyah.

Menurut Fitriansyah, penanganan ODGJ perlu terpadu dengan puskesmas, Dinas Kesehatan dan RSJ. Pihaknya berkepentingan karena ODGJ kerap terlantar, dan penanganannya perlu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan.

"Selama ini banyak yang kami tangani, kami rujuk ke Rumah Sakit Jiwa,"‎ katanya.

Selama ini, Fitriansyah mengatakan, pihaknya terkendala pada biaya penanganan dan minimnya sumber daya manusia di lapangan.

"Apalagi ada ODGJ yang terlantar, pada saat kami mau rujuk ke rumah sakit, kan biaya berobatnya tidak ada. Kalau dia kurang mampu (dan jelas keluarganya) bisa pakai BPJS. Kalau terlantar yang tidak tahu (keluarganya), ini yang perlu kami koordinasikan lintas sektoral," ucap Fitriansyah. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved