Breaking News:

Kapal Patroli Dit Polair Polda Babel Sambang Nusa ke Pulau Gersik, Bagikan Pelampung dan Sembako

Pada kegiatan sambang nusa tersebut, Direktorat Polair Polda Bangka Belitung itu juga memberikan...

Penulis: Disa Aryandi |
IST
Personil Kapal Patroli XXVIII-2009 Direktorat Polair Polda Babel, Kamis (31/5) membagikan sarana kontak dan sembako kepada masyarakat Pulau Gersik. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Puluhan life jacket  atau pelampung, bendera merah putih, burung garuda dan paket sembako, Kamis (31/5/2018) terlihat di Kapal Patroli (KP) XXVIII-2009 Direktorat Polair Polda Bangka Belitung (Babel).

Benda-benda tersebut dibawa para personel Polair ke Desa Pulau Gersik, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung.

Barang tersebut diberikan kepada masyarakat nelayan di desa tersebut untuk keperluan pribadi dan kelompok.

Namun sebelum mendapatkan sarana ini, puluhan warga dan perangkat Desa Pulau Gersik sudah melakukan pertemuan di gedung serba guna Pemerintahan Desa (Pemdes) tersebut.

Kegiatan yang dipimpin oleh Capt KP Lampung 2009 Direktorat Polair Polda Bangka Belitung Brigadir Heri Irawan ini, sebagai salah satu rangkaian quick wins Polri program 6 TW II tahun 2018. KP XXVIII-2009 melakukan sambang nusa ke berbagai pulau di Kabupaten Belitung.

"Ini kegiatan triwulan kami, dan memang sudah menjadi agenda polri sebagai bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat nelayan. Terutama yang ada di pulau-pulau," kata Brigadir Heri Irawan kepada Pos Belitung, Jumat (1/6).

Pada kegiatan sambang nusa tersebut, Direktorat Polair Polda Bangka Belitung itu juga memberikan pengarahan kepada masyarakat nelayan di Pulau Gersik.

Terutama untuk tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di wilayah kepulauan.

Selain itu, masyarakat diminta bersama kepolisian dalam menjaga keutuhan perairan laut. Salah satunya dengan cara tidak menggunakan alat tangkap yang dilarang oleh undang-undang (UU) maupun peraturan pemerintah Republik Indonesia.

"Sekaligus ini juga dalam rangka menjaga keamanan dan bentuk silaturahmi, antara polisi dan masyarakat. Sehingga tidak ada jarak antara masyarakat dan polisi dalam menjaga keamanan di Kabupaten Belitung ini khususnya," ucapnya.

Khusus buat bantuan tersebut, kata Heri, sebagai salah satu cara mengingatkan masyarakat nelayan yang ada di pulau tentang nilai-nilai kebangsaan.

Sehingga nilai kebangsaan seperti pancasila, tidak bergeser dari pengetahuan masyarakat.

"Ya kami berharap, melalui ini mereka peduli dengan bangsa. Salah satunya dengan membantu tugas kami di perairan laut, cara dengan memberikan informasi kepada kami tentang pelanggaran atau temuan yang terindikasi melanggar peraturan," pungkasnya. (*)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved