Siswa SD yang Hafal 30 Juz Bisa Menambah Skor Nilai Masuk SMP Negeri Pangkalpinang

Apresiasi ini merupakan bentuk terobosan Dinas Pendidikan supaya anak-anak yang beragama Islam memiliki kecintaan kepada kitab sucinya.

Siswa SD yang Hafal 30 Juz Bisa Menambah Skor Nilai Masuk SMP Negeri Pangkalpinang
Posbelitung.com/dokumentasi
Pengumuman penerimaan siswa didik baru di SMAN 1 Tanjungpandan, Senin (22/6/2015). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

POSBELITUNG.CO  -- Dalam seleksi penerimaan peserta Didik baru (PPDB) masuk sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di Kota Pangkalpinang menggunakan standar nilai USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) Sekolah Dasar (SD) dengan tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam (IPA).

"Selain itu kita juga memberikan penghargaan kepada anak-anak berprestasi dengan memberikan penilaian terhadap piagam penghargaan yang dimilikinya, baik bidang akademik, seni budaya, olahraga," kata Suwardi, plt Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Senin (11/06/2018) di kantornya.

Suwardi, plt Kabid Pendidikan Dasar
Suwardi, plt Kabid Pendidikan Dasar (bangkapos/edwardi)

Ditambahkannya, selain itu dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anak, juga memberikan apresiasi kepada anak-anak yang hafidz Al Qur'an Juzz 30.

"Anak-anak yang hapal Al Qur'an Juzz 30 bisa digunakan untuk menambah nilai skoringnya masuk ke SMP Negeri dengan melampirkan surat keterangan hafidz Juzz 30 dari lembaga yang berwenang," ujarnya.

Menurutnya apresiasi ini merupakan bentuk terobosan Dinas Pendidikan supaya anak-anak yang beragama Islam memiliki kecintaan kepada kitab sucinya.

"Jadi dari nilai USBN SD digabungkan dengan penambahan nilai skor berbagai piagam prestasi tadi, bila total nilainya masuk dalam standar nilai penerimaan maka siswa itu langsung diterima dan daftar ulang, jadi tidak ada tes tertulis lagi," jelasnya.

Dilanjutkannya, untuk jumlah siswa dalam satu kelas di SMP Negeri mengacu kepada standar nasional pendidikan yakni untuk SMP sebanyak 32 siswa per kelas dan SD sebanyak 28 siswa per kelas.

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved