Danlanal Buka Festival Budaya Peh Cun dan Transplatasi Terumbu Karang

Babel mengadakan kegiatan ritual Peh Cun yang sudah menjadi kekayaan budaya sekaligus wisata budaya andalan di Negeri Serumpun Sebalai.

Danlanal Buka Festival Budaya Peh Cun dan Transplatasi Terumbu Karang
(ist/lanal babel)
Komandan Lanal Babel Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto bersama Sekda Babel Yan Megawandi saat mendirikan telur pada Festival Budaya, Perayaan Ritual Peh Cun Tahun 2018, Senin (18/6/2018) di Pantai Batu Bedaun Sungailiat Kabupaten Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

POSBELITUNG.CO -- Komandan Lanal Babel Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto, membuka secara resmi Festival Budaya, Perayaan Ritual Peh Cun Tahun 2018, Senin (18/6/2018) di Pantai Batu Bedaun Sungailiat Kabupaten Bangka.

Setiap tahunnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengadakan kegiatan ritual Peh Cun yang sudah menjadi kekayaan budaya sekaligus wisata budaya andalan di Negeri Serumpun Sebalai.

Festival Budaya Peh Cun ini dihadiri Sekda Babel Yan Megawandi, Danlanal Babel, Kapenrem 045/ Gaya, Kapolres Bangka, Kadisparbud Babel, tokoh masyarakat dan agama Tionghoa Kabupaten Bangka.

Kegiatan ritual Peh Cun ini sudah dilaksanakan sejak dulu ditandai dengan berdirinya telur secara tegak lurus dimana dalam kepercayaan Tionghoa, orang yang berhasil mendirikan telur akan mendapatkan berkah dari langit.

Festival Budaya, Perayaan Ritual Peh Cun Tahun 2018, Senin (18/6/2018) di Pantai Batu Bedaun Sungailiat Kabupaten Bangka. (ist/lanal babel)
Festival Budaya, Perayaan Ritual Peh Cun Tahun 2018, Senin (18/6/2018) di Pantai Batu Bedaun Sungailiat Kabupaten Bangka. (ist/lanal babel) ()

Setiap pelaksanaan Ritual Peh Cun mendapat sambutan dari masyarakat terutama dari etnis Tionghoa atau Umat Konghucu.

Pada kesempatan itu juga Lanal Babel, melaksanakan karya bhakti yang dengan melakukan transpalasi terumbu karang di sepanjang Pantai Batu Bedaun Sungailiat. Sedangkan pada rangkaian ritual Peh Cun dilaksanakan mandi air abadi dan telur hoki, Dayung naga, Pentas seni, Nganggung dan pertunjukan Barongsai.

Festival Budaya, Perayaan Ritual Peh Cun Tahun 2018, Senin (18/6/2018) di Pantai Batu Bedaun Sungailiat Kabupaten Bangka.
Festival Budaya, Perayaan Ritual Peh Cun Tahun 2018, Senin (18/6/2018) di Pantai Batu Bedaun Sungailiat Kabupaten Bangka. ((ist/lanal babel))

Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh panitia dan masyarakat atas terselenggaranya acara Peh Cun Tahun 2018.

"Perayaan Peh Cun adalah hari yang sangat penting dalam kebudayaan dan sejarah masyarakat Tionghoa di Bangka Belitung ini. Kita berharap dengan terlaksananya festival ini dapat lebih memperat tali persaudaraan masyarakat dan menambah daya tarik destinasi wisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ungkap Iwan Kuswanto.

Sedangkan Karya Bhakti TNI AL berupa transpalasi terumbu karang, ia berharap nantinya akan menjadi salah satu destinasi wisata bawah laut.

Selain itu juga Iwan Kuswanto berharap lokasi tersebut bisa menjadi tempat berkembang biaknya biota laut sebagai sumber pangan dan kesejahteraan masyarakat nelayan sekitar.

"Kegiatan ini merupakan salah satu wujud dan bentuk kepedulian kita untuk meningkatkan pariwisata dan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Bangka. Semoga apa yang kita laksanakan saat ini dapat bermanfaat untuk masa depan masyarakat pesisir di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," harap Iwan Kuswanto.

Penulis: nurhayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved