Breaking News:

Pohon Berbuah Pun Dijadikan Bonsai, Tanaman Lokal Diminati

Donny menyebutkan tanaman lokal banyak dijadikan bonsai, seperti sekuncung, sapu-sapu, pelaik, dan tanaman buah-buahan.

Pos Belitung/Suharli
Donny pemilik Handaru Sentra Flora Belitung menunjukkan bakalan bonsainya. Pos Belitung/Suharli 

Laporan wartawan Pos Belitung, Suharli

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Tanaman bonsai belakangan ini mulai digemari lagi.

Pehobi tanaman hias mini pun mulai mencari lagi keberadaan tanaman yang bisa dijadikan bonsai, dengan mencari ke hutan maupun langsung ke penjualnya.

"Ini hobi lama bersemi kembali, karena mungkin praktis dan bahan bakunya banyak di Belitung. Mungkin karena jenuh dengan hobi-hobi lain, mereka beralih lagi ke bonsai. Dari meningkatnya penjualan keliatannya geliatnya," kata penangkar tanaman asli Belitung sekaligus pemilik Handaru Nursery Manggar Donny Iwan Susanto kepada Pos Belitung, Sabtu (30/6).

Donny menyebutkan tanaman lokal banyak dijadikan bonsai, seperti sekuncung, sapu-sapu, pelaik, dan tanaman buah-buahan.

"Kecenderungan sekarang lari ke bonsai pohon buah, seperti rukam, asam kandis, asam jawa, nam-nam, buah mentega dan sebagainya," kata Donny.

Harganya bervariasi, mulai Rp 100 ribu hingga jutaan rupiah bagi yang sudah jadi. Tanaman jenis boxus ( tumbuhan jenis semak), kata Donny, merupakan jenis bonsai paling mudah dibentuk oleh pemula karena karakternya memang sudah kerdil.

Bonsai ada yang telah terbentuk secara alami di alam. Namun proses pencabutannya butuh keahlian khusus. Di situlah seninya.

Misalnya tanaman di padang kerangas, jika dicabut dan menyebabkan akarnya banyak terpotong, maka tanaman akan stres dan mati.

Yang membuat nilainya menjadi tinggi adalah karena peluang hidup setelah proses pencabutan sangat kecil, membutuhkan terapi khusus, perangsang akar, agar tanaman segar kembali.

"Untuk bahan baku, di Belitung tidak kekurangan. Pasaran juga lumayan. Untuk jenis sekuncung dan sapu-sapu yang sudah bagus bisa dijual ke luar, terutama di online, karena uniknya di tempat lain masih belum banyak," ujar Dony. (q5)

Penulis: Suharli
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved