Breaking News:

Harap-harap Cemas Tunggu Ranking Anak

Papan pengumuman di sejumlah SMP di Kota Pangkalpinang tampak selalu dikerumuni orangtua calon siswa baru sejak Senin (2/7) dan Selasa (3/7)

(BANGKA POS/DEDY QURNIAWAN)
Para wali calon murid memantau ranking anak mereka pada PPDB 2018 di SMP N 5 Pangkalpinang, Selasa (3/7) kemarin. 

POSBELITUNG.CO-- Papan pengumuman di sejumlah SMP di Kota Pangkalpinang tampak selalu dikerumuni orangtua calon siswa baru sejak Senin (2/7) dan Selasa (3/7).

Beberapa di antara orangtua tampak harap-harap cemas ranking anaknya melorot mendekati batas kuota penerimaan sekolah. Calon siswa yang rentan "tergusur" dari sistem perankingan harus intens dipantau oleh para orangtua mereka.

"Tidak ada kendala, cuma harus terus dipantau rankingnya," kata seorang wali calon murid ditemui Bangka Pos di SMP N 5 Pangkalpinang.

Tahun ini, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 untuk SD dan SMP menerapkan aturan zonasi.

Di SMP 5 Pangkalpinang misalnya, papan pengumuman di sekolah sekolah yang terhitung relatif dekat perbatasan Pangkalpinang- Kabupaten Bangka dan Bangka Tengah ini terlihat nama-nama siswa yang berasal dari Kecamatan Mendo Barat dan Pangkalan Baru.

Nilai SKHUN para calon siswa yang berasal dari luar zonasi atau kota harus dikalikan 0,8 lalu baru kemudian diranking.

Rozi, warga Kace, Kecamatan Mendobarat, mengaku agak bingung dengan aturan zonasi yang diterapkan pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 ini.

Ia sudah memantau pengumuman di sejumlah sekolah sejak Jumat (28/6) lalu. Dia mencermati sejumlah persyaratan untuk masuk sekolah bagi anaknya.

"Rayon ini agak susah karena inikan pakai KK. Jadi anak saya ini sekolah SD-nya kan di Pangkalpinang, sementara KK-nya kabupaten. Saya rencananya kalau tidak SMP N 1 ke SMP N 5. (soal zonasi) itu yang saya agak kurang paham," ucap Rozi.

Kepala Seksie Peserta Didik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang Suwardi menuturkan, sampai hari ini (kemarin-red), proses PPDB di SD dan SMP yang ada di Pangkalpinang terpantau lancar. Dia mengatakan, proses pendaftaran akan berlangsung sampai Rabu (4/7) ini.

Dia mengatakan, para orangtua masih memiliki waktu untuk memantau posisi ranking anaknya pada Selasa (3/7) ini dan masih bisa mendaftarkan anaknya hingga Rabu (4/7) ini.

"Masih proses, masih jalan pada hari kedua ini sampai besok (hari ini-red). Alhamdulilah, mudah-mudahan lancar. Besok (hari ini) batas pendaftaran dan akan diverifikasi. Setelah itu penetapan, nanti hasilnya akan diumumkan tanggal 6 Juli, Jumat pagi, langsung daftar ulang," tutur Suwardi. (deq)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Khamelia
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved