Breaking News:

Hari Pertama Pendaftaran Calon Legislatif Belitung Timur Sepi

Hari pertama pendaftaran calon legislatif kabupaten di Belitung Timur, belum ada partai politik (parpol) yang mendaftarkan calonnya.

Istimewa
Ketua KPUD Belitung Timur Rizal ST, Rabu (4/7/2018) 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Suharli

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Hari pertama pendaftaran calon legislatif kabupaten di Belitung Timur, belum ada partai politik (parpol) yang mendaftarkan calonnya. Pantauan posbelitung.co suasana di kantor KPU Beltim masih lenggang, meskipun KPUD Belitung Timur sudah bersiap menerima berkas pendaftaran.

Ditemui ruang kerjanya ketua KPUD Beltim Rizal menyampaikan sampai Rabu (4/7) siang belum ada parpol yang mendaftarkan calonnya.

"Hari ini pun kami siap menerima berkas pendaftaran, jika sudah menyerakan berkas akan kami cek di Sipol, bila mereka sudah uplod memenuhi syarat langsung kami terima," ujar Rizal kepada posbelitung.co, (4/7/2018).

KPUD Beltim menyiapkan tiga operator untuk menerima berkas guna mengantispasi bebarengannya Parpol mengatarkan berkas ke KPU.

"Ini berdasarkan pengalaman pernah dialami ketika menerima berkas pendaftaran Parpol beberapa waktu lalu," kata Rizal.

Untuk jam penerimaan berkas tetap mengacu pada PKPU No.20 tahun 2018.Diketahui untuk masa pendaftaran mulai 4 - 16 juli 2018, dari pukul 08.00 wib - 16.00 wib. Di hari terakhir tanggal 17 juli 2018 dari pukul 08.00 wib hingga 24.00 wib.

Rizal juga menyampaikan sebelumnya ada pihak satu diantara parpol mengabarinya kemungkinan mendaftarkan berkas pada (9/7) akan datang, disebabkan mereka akan mendaftar secara serempak se Indonesia.

"Kemungkinan masih menunggu konsolidasi internal partai, menyusun daftar pencalonan dan syarat calon, waktu pendataran selama dua minggu," ujar Rizal

Bagi yang mendaftar dan belum memenuhi syarat pencalonannya kami akan berikan berita acara pengembalian berkas, untuk dilengkapi dan diserahkan kembali pada masa-masa pendaftaran.

"Untuk penyerahan berkas pendaftaran akan disampaikan ketua maupun sekretaris Parpol, atau serta pengurus yang lainnya," kata Rizal.

KPU juga mengimbau agar jangan mengantarkan berkas pada tanggal 17, dikawatirkan jika mendaftar ditanggal 17 itu belum memenuhi syarat dikawatirkan tidak ada waktu untuk perbaikan.

"Dan kami akan dipermasalahkan jika menerima berkas pendaftaran diluar waktu yang ditentukan," kata Rizal.

Selain itu KPUD Beltim juga menerima konsultasi dari Parpol, dimana KPU Beltim punya helpdesk untuk parpol yang ingin konsultasi. Agar mempermudah koordinasi KPUD Beltim melalui operator dan devisi juga membentuk grup whatsapp dengan LO agar pertanyaan dapat disampaikan di grup 

Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved