Breaking News:

Empat Target Dishub Beltim untuk Dicapai, Pelabuhan Dendang jadi Konsen

Guna menjangkau dan memajukan Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Pemkab Beltim berencana memiliki pelabuhan sendiri

Penulis: Suharli | Editor: Khamelia
Posbelitung/suharli
Kepala Dinas Perhubungan Adlan Taufik. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Suharli.

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Guna menjangkau dan memajukan Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Pemkab Beltim berencana memiliki pelabuhan sendiri.

Kepala Dinas Perhubungan Adlan Taufik, menyampaikan ada empat target yang harus dicapai, dimana pelabuhan Dendang sebagai konsen pertama, kedua pengembangan ASDP Manggar, ketiga untuk PJU lampu jalan, empat penyiapan transportasi masal bagi masyarakat yang harus di kelola di Beltim dengan bantuan dana pusat.

Disampaikan Adlan menyangkut kusus pelabuhan Dendang, yang sudah harus disiapkan pemerintah daerah ialah menyiapkan lahan untuk pelabuhan itu sendiri, dalamnproses itu pemerintah daerah sudah melakukan kerjasama dengan PT SMM.

"Mudah-mudahan satu dua minggu kedepan sudah ada hibah dari PT SMM, kepemerintahan daerah, setelah itu kami akan disertifikasi ulang lahan seluas 1-5 Hektar, kemudian kami hibahkan ke UPP Manggar, sebagai bahan sertifikasi itu," kata Adlan kepada Posbelitung.co, 9/7/2018.

Dijelaskan Adlan tanggung jawab pemda ialah memastikan lahan tersebut sudah tersedia.

"Dari pusat dari tahun 2012-2016 dan tahun 2018 dokumen yang belum ada di kami adalah Amdal, dan tahun ini akan di lakukan proses lelang amdal, mudah-mudahan sampai dengan target 2018 akhir amdal itu sudah tersusun," ujar Adlan.

Adlan juga menyampaikan untuk Rencana induk pelabuhan, studi kelayakan pelabuhan, kemudian Survey, Investigation, dan Design (SID) kita sudah punya untuk palabuhan Dendang, secara legal formal administrasi sudah kami siapkan.

Tinggal dukungan OPD-OPD terkait adalah menyiapkan sarana termasuk akses jalan untuk menuju ke Pelabuhan.

Adlan juga menjelaskan secara fisik di tahun 2019- 2022 pusat sudah menyiapkan sekitar 42 Milyar untuk fisik pelabuhanDendang, namun bertahap dalam mengucurkan dana tersebut, tergantung kita menyiapkan lahan dan fasilitas pendukung yang di kelola dengan dana APBD kabupaten. (q5)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved