Breaking News:

Produk UKM Perikanan dan Perkebunan Belitung Jadi Pilot Project Pasar Singapura

Produk usaha kecil menengah (UKM) menjadi pilot project kerjasama penerbangan Internasional Singapura (SIN) - Tanjungpandan (TJQ)

Produk UKM Perikanan dan Perkebunan Belitung Jadi Pilot Project Pasar Singapura
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Kabid Koperasi UKM, Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kabupaten Belitung Mula Samosir.

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem), semula sudah merencanakan produk usaha kecil menengah (UKM) menjadi pilot project kerjasama penerbangan Internasional Singapura (SIN) - Tanjungpandan (TJQ).  Rencana produk UKM yang dipasarkan ke Singapura berupa hasil perikanan dan perkebunan.

Sistem kerjasama yang digunakan antara Singapura - Belitung yakni kemitraan. Khusus untuk produk perikanan, suvenir dan produk makanan hasil kelautan sementara untuk sektor perkebunan, salah satu berupa lada. 

"Tapi awal ini tetap di dalam produksi makanan hasil kelautan, setelah itu baru perkebunan. Nanti sistem nya bermitra saja dengan Singapura, dan yang mengelola nanti langsung pelaku UKM itu," kata Kabid Koperasi UKM, Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kabupaten Belitung Mula Samosir kepada posbelitung.co Kamis (19/7/2018).

Pilihan terhadap produk perikanan dan perkebunan lantaran dua hasil produk tersebut kini sudah siap untuk dipasarkan secara global. Khusus untuk perikanan, memiliki berbagai macam produk yang bisa dihasilkan. Mulai dari produk makanan yang bersifat ringan seperti kerupuk, suvenir maupun makan berat seperti pemasaran ikan.

"Pertimbangannya disitu, begitu juga dengan perkebunan, lada sudah siap masuk pasar global. Apalagi Singapura adalah negara perdagangan yang sudah Go Internasional, dan ini peluang besar buat pengembangan UKM. Kami harap pelaku UKM bisa membaca peluang ini," ujarnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved