Breaking News:

Kain Kiswah Penutup Kabah Milik Suryadharma Ali Dilelang KPK Ini Nama Pemilik Barunya

Kain Kiswah atau kain penutup Kabah milik mantan Menteri Agama, Suryadharma Ali, berhasil dilelang oleh Komisi

Kain Kiswah Milik Mantan Menteri Agama Suryadharma Ali menjadi salah satu barang yang dilelang oleh KPK, Rabu (25/7/2018)(DYLAN APRIALDO RACHMAN/KOMPAS.com) 

POSBELITUNG.CO -- Kain Kiswah atau kain penutup Kabah milik mantan Menteri Agama, Suryadharma Ali, berhasil dilelang oleh Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) pada Rabu (25/7/2018).

Lelang itu dilakukan bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan.

Suryadharma sendiri merupakan terpidana dalam kasus penyalahgunaan wewenang dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 2010-2013 dan dalam penggunaan dana operasional menteri.

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah, mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi penjualan kain kiswah senilai Rp 450 juta dari nilai limit Rp 22,5 juta.

"Jadi ini saya kira bagus ya, karena nanti uang Rp 450 juta itu selisihnya cukup tinggi dan ada antusiasme dari masyarakat selain uang itu masuk ke kas negara," kata Febri di gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (25/7/2018).
//

Febri juga menilai, kegiatan lelang kemarin juga menjadi pesan kepada para koruptor agar tak mengulangi perbuatannya lagi.

Baca: Ini Logo Resmi HUT ke 73 RI 2018 Jangan Salah Ya

Baca: Nama Ahok Diteriakin Sekelompok Orang Saat Anies Resmikan Revitalisasi Lapangan Banteng

Baca: Mau Nonton Konser Jambul Khatulistiwa Syahrini di Posisi Terdepan Bayar Dulu Rp 25 Juta

"Karena betapa pun Anda, para pejabat mengumpulkan kekayaan, ketika diproses hukum maka itu dapat dirampas oleh negara, kemudian akan dilelang, uangnya masuk negara, dan dapat didapatkan kembali oleh masyarakat," kata Febri.

Meski mendapatkan penolakan dari Suryadharma, Febri menilai KPK sudah melelang barang ini berdasarkan putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap dan undang-undang yang berlaku.

Suryadharma tetap menginginkan agar kain kiswah miliknya yang dirampas oleh negara dikembalikan kepadanya.

Ia tetap menginginkan kain tersebut meskipun sudah laku dilelang.

"Apa pun yang terjadi harus kembali. Kalau nanti pengadilan memutuskan harus dikembalikan, ya harus dikembalikan meskipun sudah dijual," kata Suryadharma di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Jadi rebutan

Halaman
123
Editor: Ismed Hasanuddin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved