Breaking News:

Samantha Gadis Cilik Ingin Pecahkan Rekor Jadi Grandmaster Catur Termudah di Dunia

Jangan remehkan tubuhnya yang mungil, jangan pula tertipu dengan rambut poninya yang membuat wajahnya terlihat

Pecatur junior Indonesia, Samantha Edithso memperlihatkan medali juara ajang FIDE World Championship 2018 U-10 di kantor Kementrian Pemuda dan Olahraga, (Kemenpora), Jakarta Pusat, Senin (23/7/2018).(BOLASPORT.com/VERDI HENDRAWAN ) 

POSBELITUNG.CO, BANDUNG -- Jangan remehkan tubuhnya yang mungil, jangan pula tertipu dengan rambut poninya yang membuat wajahnya terlihat lugu.

Meski umurnya baru 10 tahun, gadis cilik nan imut-imut asal Kota Bandung bernama Samantha Edithso ini bisa menjelma jadi mesin catur yang sulit dikalahkan, bahkan oleh orang-orang dewasa sekalipun.

Kejeniusan Samantha dalam hal adu taktik dan strategi bermain catur sudah terbukti lewat kejuaraan internasional FIDE World Championship 2018 U-10 yang berlangsung di Minks, Belarusia.

Baca: La Nyala Mattalitti Minta Prabowo Jangan Nyapres Akan Kalah Mending Jadi King Maker

Dia mengalahkan lawannya, Yana Zhapova, pada babak terakhir atau kesembilan dengan kontrol waktu 10 menit incresment 5 detik.

Selama dua hari ikut dalam kejuaraan yang berjuluk FIDE World Rapid Cadet Championship 2018, Samantha pun tidak pernah terkalahkan.

 "Homeschooling" agar fokus

Kompas.com pun akhirnya punya kesempatan untuk menemui putri semata wayang dari pasangan Larry Edith (54) dan So Siao Sian (38).

Pada saat dikunjungi di rumahnya yang berlokasi di Dago, Samantha terlihat sedang berlatih catur cepat dengan sahabatnya.

Jangan ditanya soal kecintaan Samantha terhadap catur, saking cintanya, Samantha memilih untuk menjalani homeschooling dan meninggalkan sekolahnya di SD Penabur sejak tahun ajaran 2018.

“Mendingan homeschooling, biar bisa fokus sama catur. Aku juga punya ambisi untuk berprestasi,” kata Samantha, Kamis (26/7/2018) malam.

Baca: Simon Cawell Tak Sanggup Menonton The Sacred Riana Pilih Minta Dipercepat ke Bagian Akhir

Tidak hanya sekadar mengejar gelar juara di berbagai kompetisi, Samantha ternyata juga punya ambisi lebih tinggi lagi yakni menjadi Grandmaster catur dunia termuda.

“Target aku jadi grandmaster umur 12 tahun lebih sedikit,” akunya.

Meski ambisius, gadis cilik yang mengidolakan pecatur Mikhail Nekhemievich Tal ini mengaku akan mempertimbangkan bidang lain di usia dewasa nanti.

Halaman
1234
Editor: Ismed Hasanuddin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved