Breaking News:

Laka Lantas di Belitung Timur Meningkat, Pelaku Kebanyakan Dibawah Umur

Kurangnya memahami aturan dalam tata tertib berlalu lintas juga menjadi salah satu faktor lakalantas.

Posbelitung/suharli
Satu diantara anggota Satlantas Polres Beltim, mengatur arus lalulintas saat seorang pelajar melintas, di persimpangan seputaran kota Manggar, Selasa (31/7/2018) 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Suharli

POSBELITUNG.CO, Belitung Timur - Polres Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mencatat per Januari sampai dengan Juni 2018 angka kecelakaan lalulintas di Kabupaten Beltim ada sebanyak sembilan lakalantas. Angka tersebut meningkat dibandingkan dengan lakalantas yang terjadi per Januari sampai dengan Juni 2017 lalu yakni sebanyak lima laka lantas. Meningkatnya angka laka lantas di Beltim dikarenakan human error dan pengendara dibawah umur.

Kasatlantas Polres Beltim Akp Surya Dharma menjelaskan per triwulan Januari-Maret 2018 ada sebanyak empat kejadian lakalantas dengan rincian 5 orang meninggal dunia , satu orang luka berat dan tujuh orang luka ringan dengan kerugian materil sekitar Rp 50.500.000,-.

Sedangkan pada triwulan ke dua, April-Juni 2018 jumlah lakalantas yang terjadi sebanyak lima Laka, dengan rincian empat orang meningal dunia, tiga orang luka berat dan satu orang luka ringan, dengan kerugian materil sekitar Rp 20 juta.

Adapun angka lakalantas per Januari sampai dengan Juni 2017 lalu, Satlantas Polres Beltim mencatat ada lima kejadian lakalantas dengan rincian empat orang meninggal dunia, satu luka berat dan lima luka ringan, dengan kerugian sekitar Rp 29 juta.

Akp Surya Dharma menyampaikan kecelakan yang banyak terjadi di Beltim dikarenakan human error dimana pengendara yang terlibat laka rata-rata di bawah umur.

Kurangnya memahami aturan dalam tata tertib berlalu lintas juga menjadi salah satu faktor lakalantas.

"Sebaiknya untuk anak-anak dibawah umur, yang masih sekolah jangan dibiarkan membawa kendaraan bermotor sendiri, orang tua sebaiknya mengantarkan saja, Kedepan kami akan melakukan giat penilangan, untuk anak-anak sekolah dijalan," ujar Akp Surya kepada posbelitung.co, (31/7/2019).

Untuk menekan angka lakalantas, Satlantas polres Beltim sampai saat ini sudah melakukan sosialisasi kesekolah-sekolah untuk menanamkan siswa-siswi mengerti dan tertib berlalulintas dan juga pengaturan arus lalu lintas ditempat ramai yang rawan terjadinya lakalantas. 

Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved