Breaking News:

Berawal Dari Lukisan, Kini Mitos Mengalahkan Realita Tentang Nyai Roro Kidul

Lukisan Basuki Abdullah dalam sebuah kamar di Samudera Beach Hotel, Pelabuhan Ratu serta pengakuan pengawal Sri Sultan Hamengku

Intisari
Ilustrasi Nyi Roro Kidul 

POSBELITUNG.CO - Lukisan Basuki Abdullah dalam sebuah kamar di Samudera Beach Hotel, Pelabuhan Ratu serta pengakuan pengawal Sri Sultan Hamengku Buwono X membuat sosok Nyai Roro Kidul benar-benar nyata.

Benar-benar pernah menampakan dirinya ke hadapan para manusia-manusia 'terpilih'.

Seperti apa ceritanya?

B. Soelist dan Djati Surendro menguraikannya dalam artikel berjudul Nyai Roro Kidul, Sosok Rekaan Senopati dalam buku Kumpulan Kisah Misteri Intisari (2002).

Mitos Ratu Kidul, sungguh mengingkari kenyataan.

Di sini mitos mengalahkan realitas, tradisi menggusur modernisasi.

Sebab hampir di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa, dari Jawa Barat sampai Banyuwangi, Jawa Timur, ratu lelembut ini dipercaya ada bukan dalam alam khayal semata.

Jadi, mungkin benar pula apa yang dikatakan oleh Edmund Leach dalam bukunya Culture and Communication, bahwa mitos merupakan jembatan antara dunia yang tampak dengan jagad yang tak kelihatan.

Mitos merupakan jawaban dari penghayatan manusia ketika ilmu pengetahuan tak lagi sanggup menerangkan hal-hal yang kelewat supranatural.

Apa jawaban manusia Jawa tradisional terhadap ganasnya lautan yang acap kali meminta korban, kalau bukan sosok lelembut bernama Ratu Kidul.

Halaman
123
Editor: Evan Saputra
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved