Breaking News:

Penting, Berikan Asupan Kaya Kalsium untuk Si Kecil

Tumbuh kembang anak sudah pasti menjadi perhatian utama para orangtua. Mulai usia 12 bulan hingga balita

KOMPAS.COM
Ilustrasi minum susu. 

POSBELITUNG.CO - Tumbuh kembang anak sudah pasti menjadi perhatian utama para orangtua. Mulai usia 12 bulan hingga balita, perkembangan si kecil biasanya terlihat pesat.

Salah satu nutrisi penting di masa pertumbuhannya adalah kalsium. Perkembangan tulang dan gigi yang kuat sangat bergantung dari kecukupan kalsium dan vitamin D.

Perlu diingat, memenuhi kebutuhan kalsium pada masa anak-anak sangatlah vital karena periode ini menentukan pula kekuatan dan masa tulangnya hingga ia remaja dan dewasa.

Dilansir dari babycenter.com, ada jumlah asupan kalsium yang berbeda seiring bertambahnya usia anak.

Misalnya, pada rentang umur 1 sampai 3 tahun, si kecil memerlukan 500-700 miligram kalsium per hari. Kemudian, di umur 4 sampai 8 tahun kebutuhan kalsiumnya meningkat jadi 1000 miligram per hari.

Ilustrasi anak bermain dengan ibunya.Thinkstock Ilustrasi anak bermain dengan ibunya.

Karena itu, orangtua sebaiknya perlu cerdas menyiapkan makanan yang bisa memenuhi kalsium anak. Ada bermacam makanan dan minuman, termasuk susu segar yang sekaligus bisa dijadikan makanan pendamping Air Susu Ibu (MPASI) bagi anak usia di atas 12 bulan.

Susu dan produk olahan susu

Ketika usia anak sudah di atas 1 tahun, kenalkan anak dengan susu sapi selain ASI atau susu formula. Alasannya, kebutuhan kalsium anak sudah lebih banyak dan hal ini pun bisa mencegah intoleransi laktosa.

Salah satu jenis susu yang dapat di konsumsi adalah susu segar atau susu ultra high temperature (UHT). Susu UHT merupakan susu sapi yang melalui proses pemanasan singkat pada suhu 140 derajat celsius selama empat detik sehingga nutrisi di dalamnya tak rusak.

Selain memiliki kalsium yang tinggi, susu UHT pun praktis di konsumsi. Misalnya, ketika ibu dan anak sedang dalam perjalanan, susu UHT yang sudah hadir dalam kemasan kotak bisa langsung diminum anak.

Halaman
123
Editor: Khamelia
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved