Dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat Pencalonan, Dua Bacaleg Belitung Mengundurkan Diri

Memasuki hari terakhir masa perbaikan berkas persyaratan calon Pileg 2019, tercatat 334 bacaleg dinyatakan memenuhi syarat

Dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat Pencalonan, Dua Bacaleg Belitung Mengundurkan Diri
Pos Belitung/Dede Suhendar
Divisi Teknis KPU Kabupaten Belitung Agus Sumardi. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Memasuki hari terakhir masa perbaikan berkas persyaratan calon Pileg 2019, tercatat 334 bacaleg dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU Kabupaten Belitung.

Namun dari jumlah tersebut, terdapat pengurangan dua orang dari jumlah bacaleg 336 yang didaftarkan oleh 15 parpol di wilayah Kabupaten Belitung, semenjak 4-17 Juli lalu.

Dua orang itu merupakan bacaleg dari Partai Berkarya yang menyatakan mengundurkan diri.

"‎Benar ada pengurangan dua bacaleg dari Partai Berkarya. Mereka menarik dua orang tanpa penggantian karena pada syarat calonnya ada kekurangan sehingga dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS)," ujar Divisi Teknis KPU Kabupaten Belitung Agus Sumardi kepada posbelitung.co, Selasa (7/7/2018).

‎Ia menjelaskan, akibat pengurangan dua orang tersebut, Partai Berkarya mendaftarkan 18 bacaleg yang terbagi di empat dapil.

Rinciannya, tujuh orang dapil I, dua orang dapil II, enam orang dapil III dan tiga orang dapil empat.

"Jadi yang TMS itu awalnya ada di dapil II," katanya.

Selain itu, lanjut Agus, tiga parpol lainnya juga melakukan penggantian bacaleg yang didaftarkan. Parpol tersebut diantaranya PKB mengganti satu orang, PKPI mengganti satu orang dan Demokrat mengganti satu orang.

Ia menjelaskan, proses penggantian dilakukan karena bacaleg tidak memenuhi syarat. Proses tersebut dilakukan sebelum 31 Agustus dan bacaleg pengganti sudah memenuhi persyaratan calon.

"Intinya orang pengganti itu harus memenuhi syarat calon sebelum 31 Agustus. Kalau syaratnya masih sama," katanya.‎

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved