Pekan Depan KPU Belitung Akan Umumkan Daftar Calon Sementara

KPU Kabupaten Belitung akan mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) mulai 12 Agustus hingga 14 Agustus 2018 mendatang

Pekan Depan KPU Belitung Akan Umumkan Daftar Calon Sementara
Pos Belitung/Dede Suhendar
Divisi Teknis KPU Kabupaten Belitung Agus Sumardi. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - KPU Kabupaten Belitung akan mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) mulai 12 Agustus hingga 14 Agustus 2018 mendatang.

Selama tiga hari, KPU akan mengumumkan 334 nama bacaleg beserta susunan dapilnya di media cetak dan radio.

"Sebelumnya tanggal 8-12 Agustus itu tahapan penyusunan DCS. Jadi nanti masyarakat akan melihat nama-nama bacaleg yang akan ikut ajang kontestasi Pileg 2019 Kabupaten Belitung," ujar Divisi Teknis KPU Kabupaten Belitung Agus Sumardi, Selasa (7/7/2018).

Pasca pengumuman DCS, kata Agus, KPU akan menunggu tanggapan masyarakat terhadap 334 bacaleg tersebut. Tanggapan tersebut bisa berupa latar belakang pendidikan, status hukum dan lainnya.

Jika terdapat tanggapan masyarakat dilengkapi dengan bukti akurat, KPU akan memberikan ruang bagi parpol untuk kembali mengganti bacaleg mereka, khususnya terkait aturan 30 persen keterwakilan perempuan.

"Misalnya dalam satu dapil itu bacaleg perempuan meninggal dunia atau mengundurkan diri. Kalau kurang dari 30 persen keterwakilan perempuan itu bisa diganti, kalau masih cukup tidak bisa," katanya.

Kemudian, jika tidak terdapat tanggapan masyarakat maka KPU Kabupaten Belitung akan melakukan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Pileg 2019.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved