Usai Oreo, Google Resmi Ungkap Arti Huruf P di Nama OS Terbaru di Android 9

Semenjak diumumkan pada konferensi Google I/O 2018 bulan Mei lalu, banyak pihak coba menerka julukan resmi untuk sistem operasi

Usai Oreo, Google Resmi Ungkap Arti Huruf P di Nama OS Terbaru di Android 9
twitter.com/Android
Android Nougat 

POSBELITUNG.CO - Semenjak diumumkan pada konferensi Google I/O 2018 bulan Mei lalu, banyak pihak coba menerka julukan resmi untuk sistem operasi Android versi ke-9 alias Android P.

Kini Google telah resmi mengungkapkan kepanjangan dari huruf “P” di nama sang OS, yakni “Pie”.

Android
Android ()

Melanjutkan tradisi Google, Pie dikenal sebagai salah satu jenis makanan dengan isian manis yang biasa disajikan sebagai hidangan penutup atau dessert, meski sebenarnya ada juga versi asin dengan isian macam daging.

Sebelum Android 9, Android 8 (O), memiliki julukan “Oreo”, Android 7 (N) bernama “Nougat”, Android 6 (M) disebut sebagai “Marshmallow”, kemudian Android 5 (L) adalah “Lollipop”.

Android 9 Pie sendiri mulai tesedia dalam versi official release hari ini. Namun, OS ini baru hadir untuk seri smartphone Pixel besutan Google lewat update over-the-air.Update Android P untuk ponsel merek lain akan menyusul belakangan.

Daftar Pabrikan Android yang ikut serta dalam program Android P beta untuk persiapan rilis OS tersebut antara lain Sony, Xiaomi, Nokia, Oppo, Vivo, OnePlus, dan Essential.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (7/8/2018), Google mngklaim para pabrikan peserta program beta Android P bakal memperoleh update dalam waktu dekat, sekitar kuartal ketiga 2018.

“Kami juga bekerja sama dengan para partner lain untuk meluncurkan perangkat baru dengan Android 9, atau upgrade ke Android 9, di tahun ini,” sebut sang raksasa software itu.

Android Pie dibekali sejumlah fitur anyar, seperti “dark mode” resmi yang akan mengubah tampilan UI menjadi serba gelap, Digital Wellbeing, navigasi berbasis gestur, notifikasi gaya baru, hingga status bar yang sengaja dikosongkan di bagian tengah untuk mengakomodir bagian “notch” alias poni di layar.

Baca: Luna Maya & Cut Tari Tetap Tersangka Kasus Video Asusila, Ini Alasan Hakim Tolak Praperadilan

Baca: Pesaing WhatsApp, Ini 5 Fakta tentang Callind Buatan Anak Bangsa, Segera Unduh Disini

Baca: Chat WhatsApp yang Masuk Keburu Dihapus? Kamu Masih Bisa Baca Kok, Begini Caranya

 

Editor: Evan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved