Breaking News:

Disperindag Babel Tidak Pernah Turun Uji Halal Mie Atep dan Rumah Makan Ratu Rasa

Sunardi mengatakan pihaknya, tidak berwenang untuk melakukan pengecekan uji halal. Pasalnya, untuk kehalalan bukan menjadi tugas pihaknya.

Editor: Khamelia
Disperindag Babel Tidak Pernah Turun Uji Halal Mie Atep dan Rumah Makan Ratu Rasa
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Babel, Sunardi.

POSBELITUNG.CO-- Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sunardi mengatakan pihaknya belum pernah turun untuk melakukan pemeriksaan kehalalan produk di Mie Atep dan Rumah Makan Ratu Rasa.

Hal ini lantaran ramainya informasi yang beredar di Media Sosial yang menyatakan Disperindag Babel turut menemukan diduga mengandung babi di dua rumah makan di Pulau Belitung itu.

Sunardi mengatakan pihaknya, tidak berwenang untuk melakukan pengecekan uji halal. Pasalnya, untuk kehalalan bukan menjadi tugas pihaknya.

Baca: Ini Hasil Audit LPPOM MUI Terkait Mie Atep Belitung

"Kami tidak pernah melaksanakan uji ini, karena kewenangan kami hanya di non pangan dan perizinan. Kaitan dengan yang beredar kita enggak bisa menyimpulkan kita enggak pernah melaksanakan uji ini," kata Sunardi, Minggu (19/8/2018).

Sunardi menyebutkan, pihaknya memang memiliki bidang perlindungan konsumen, berdasarkan laporan tim pihaknya belum turun untuk melakukan uji tersebut.

"Saya sudah tanya dengan bidang perlindungan konsumen di Disperindag mereka bilang enggak ada juga, sekarang kita sedang koordinasi dengan berbagai pihak terkait pemberitaan itu," jelasnya.

Menurutnya, pihaknya juga sedang mengkoordinasikan hal ini dengan instansi terkait.

"Kami harus koordinasi dengan kabupaten, tugas kami di non pangan dan perizinan. Secara perizinannya menyalahi aturan atau tidak ini kami koordinasikan dengan dinas perdagangan kabupaten," tambahnya.

Ia juga meminta masyarakat tidak mudah terpancing dengan informasi yang tidak jelas kebenarannya.

"Apapun itu jasa dan usaha jangan sampai merugikan konsumen. Kalau secara nutrisi untuk makanan bukan di kami yang melakukan uji," tambahnya.

Sunardi mengajak masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas sebelum membeli produk.

"Kita harus menjaga perlindungan konsumen, masyarakat juga harus menjadi konsumen cerdas," katanya.

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved