Breaking News:

Pilpres 2019

Cak Imin Bantah Pernyataan Yenny Wahid soal Pecahnya Suara NU di Pilpres

Cak Imin mengatakan jika sosok Ma'ruf Amin yang menjadi cawapres Jokowi merupakan figur pemersatu warga NU.

Editor: Khamelia
Kolase/TribunWow.com
Muhaimin Iskandar dan Yenny Wahid 

POSBELITUNG.CO - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin membantah terjadi perpecahan suara Nahdatul Ulama (NU) di Pilpres 2019.

Cak Imin mengatakan jika sosok Ma'ruf Amin yang menjadi cawapres Joko Widodo (Jokowi) merupakan figur pemersatu warga NU.

"Simbol perekat NU seluruh Indonesia, jadi Kiai Ma'ruf adalah figur yang cukup buat modal mengkonsolidir suara NU dan PKB," kata Cak Imin, dilansir TribunWow.com dari tayangan KompasTV yang diunggah di YouTube, Selasa (21/8/2018).

//

Saat disinggung wartawan terkait pernyataan Yenny Wahid yang menyatakan tidak semua warga NU mengarah ke Jokowi-Ma'ruf Amin, Cak Imin segera membantahnya.

"Kata siapa? Kita buktikan. Saya telah membuktikan 11 juta suara solid tahun 2014, bersama Kiai Ma'ruf. Sebelas juta loh, cukup besar," tegas Cak Imin.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Wahid Institute Yenny Wahid mengatakan suara dari warga NU tidak pernah utuh untuk mendukung satu pasangan calon di Pilpres.

"Dari dulu suara warga nahdliyin tidak pernah utuh hanya di salah satu calon, ya dari dulu kita lihat sejarah NU saja," kata Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid itu.

"Bahkan ketika salah satu tokoh NU ikut dalam konstestasi politik yaitu almarhum KH Hasyim Muzadi, keluarga NU juga tidak bulat. Jadi ya warga NU punya prosesnya sendiri dalam membuat keputusan, warga NU ini kan di banyak partai," imbuh Yenny Wahid.

Yenny Wahid menambahkan NU tidak dapat dijadikan kepentingan politik praktis.

Apalagi warga NU terdapat di setiap partai di dua kubu yang berbeda, baik Jokowi-Ma'ruf Amin maupun Prabowo-Sandiaga Uno.

 

(TribunWow.com/Rekarinta Vintoko)

Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved