Breaking News:

Warga Binaan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Ikut Rayakan Idul Adha

Ratusan Warga binaan dan Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan ikut merayakan Idul Adha 1439 hijriah

Istimewa
Suasana salah ied berjamaah warga Lapas Kelas II Tanjungpandan, Rabu (23/8/2018) 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Ratusan Warga binaan dan Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan ikut merayakan Idul Adha 1439 hijriah, Rabu (22/8/2018) lalu.

Rangkaian acara dimulai dari pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Lapangan Utama Lapas yang diimami oleh oleh Jasri selaku Penyuluh Agama dari Kantor Kemenang Tanjungpandan.

Usai melaksanakan ibadah salat Idul Adha berjamaah, para napi tersebut melakukan pemotongan hewan kurban bersama para pegawai.

“Semua warga binaan kita berikan kesempatan untuk merasakan suasana Idul Adha dengan melaksanakan salat id berjamaah di lapangan, kita jadikan moment idul adha ini sebagai ajang silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan”, ujar Kasubsi Registrasi & Bimbingan Kemasyarakatan Bastian, S.AP melalui siaran rilis Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, Kamis (24/8/2018).

Bastian menambahkan selain melaksanakan salat bersama di masjid, digelar pula kegiatan penyembelihan hewan kurban yang merupakan sumbangan Pegawai Lapas dan Kurban dari Kejaksaan Negeri Belitung Timur.

Total hewan kurban yang disembelih dua ekor sapi sumbangan dari pegawai dan dari keluarga Halum alias Alin ditambah seekor kambing dari Kejaksaan Negeri Belitung Timur.

“Hasil dari pemotongan hewan kurban ini akan kita olah menjadi makanan untuk warga binaan dan juga kita distribusikan untuk masyarakat sekitar Komplek Lapas”, tambah Bastian

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Seno Utomo, Bc.IP, SH, M.Si melalui Kasi Binapi Giatja Heri, S.AP merasa bangga dengan kegiatan pelaksanaan hari raya idul adha yang dilaksanakan tahun ini.

Sebab dari awal perayaan salat ied kemudian dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban berjalan lancar dan warga binaan bisa merasakan suasana perayaan hari raya kurban dengan antusias.

Untuk penyembelian hewan kurban Pihak Lapas tidak memanggil orang khusus karena ada beberapa napi yang memang bisa memotong hewan kurban, dan itu memang lakukan setiap perayaan Hari Raya Idul Adha.

“Semoga dengan peringatan hari raya kurban ini, kita mengorbankan diri kita dengan menyembelih semua sifat-sifat negatif yang ada pada diri kita, juga menumbuhkan semangat berbagi kepada sesama dengan keikhlasan,” ujar Heri

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Evan Saputra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved