Hasil Riset, Ada Sisi Positif Pertengkaran Kakak-Beradik

Pertengkaran dalam keluarga adalah hal wajar. Biasanya, banyak anak yang lebih tua merasa "terganggu" dengan kehadiran adiknya.

Hasil Riset, Ada Sisi Positif Pertengkaran Kakak-Beradik
kiankhoon
ilustrasi pertengakaran adik dan kakak 

POSBELITUNG.CO — Pertengkaran dalam keluarga adalah hal wajar. Biasanya, banyak anak yang lebih tua merasa "terganggu" dengan kehadiran adiknya.

Sang kakak pun tak segan untuk "menindas" adiknya sehingga konflik kerap terjadi. Namun, riset menyebut, tumbuh besar dengan konflik antarsaudara membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Dilansir dari D'Marge, riset dilakukan oleh University Of Cambridge. Hasil riset membuktikan sedikit persaingan dan pertikaian dalam keluarga sebenarnya baik untuk tumbuh kembang anak-anak.

Riset dilakukan dengan merekam interaksi antara orangtua, saudara, teman, dan orang asing.

Periset juga menerapkan metode wawancara dan kuesioner yang dilakukan bersama orangtua, guru, dan anak-anak itu sendiri.

Peneliti menilai, kemampuan berbahasa anak-anak, keterampilan dalam membuat rencana, memori kerja, dan kontrol represif atau pengendalian sosial yang dilakukan setelah terjadi pelanggaran.

Menurut riset, saudara kandung adalah "musuh" alami. Mereka sering berada pada kesamaan dan cenderung terlibat dalam hal semacam permainan untuk membantu pengembangan kesadaran akan keadaan mental.

Menurut Dr Claire Hughes, selaku psikolog, semakin sering terjadi konflik dan perdebatan antara kakak-beradik, semakin mereka mempelajari hal kompleks tentang komunikasi dan seluk-beluk bahasa.

Selain itu, mereka juga belajar mengatasi masalah, mencari jalan keluar, sekaligus mempertahankan diri dan membentuk mental, namun dalam lingkungan yang aman.

Baca juga: Keluarga Menentukan Mental Seorang Anak

Halaman
12
Editor: khamelia
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved