Pelabuhan Tanjung Nyato Desa Petaling Dipersiapkan Penyanggah Tol Laut

Belum diketahui berapa luasan lahan yang diperuntukan buat pembangunan pendukung Tol Laut tersebut.

Pelabuhan Tanjung Nyato Desa Petaling Dipersiapkan Penyanggah Tol Laut
IST
Ilustrasi tol laut 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Lahan Tanjung Nyato, Desa Petaling, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung kini telah dipersiapkan untuk pembangunan penyanggahan Tol Laut. Belum diketahui berapa luasan lahan yang diperuntukan buat pembangunan pendukung Tol Laut tersebut.

Namun Pemerintah Desa (Pemdes) setempat kini diminta untuk menyiapkan lahan tersebut. 

Tol Laut  tetap dibangun oleh pemerintah pusat, salah satu tempat persinggahan utama di Belitung adalah Pelabuhan Tanjung Batu, Kecamatan Badau.

"Kemarin sudah turun untuk survey itu, dan Tanjung Nyato akan dilakukan pengembangan. Tahap pertama akan turun anggaran sebesar Rp 6 miliar untuk lind clearing," ungkap Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) kepada Posbelitung.co, Minggu (26/8/2018).

Sanem mengatakan, Tol Laut tetap akan singgah ke Belitung dan menjadikan transportasi laut itu sebagai ladang bisnis. Ini sangat sejalan dengan misi Pelabuhan Tanjung Batu sebagai pelabuhan ekspor impor.

"Pak Kadesnya juga, tolong amankan lahan di sana (Desa Petaling) jangan sampai nanti diserobot orang dan dikuasai. Pengembangan tanjung batu itu buat penyanggah, crowded-nya tanjung batu," ujarnya.

Selain itu, setelah tahap awal APBN sebesar Rp 6 miliar digelontorkan, pemerintah pusat kembali akan melakukan rehap terhadap Pelabuhan Tanjung Batu. Pada tahun 2019 mendatang, direncanakan biaya sebesar Rp 60 miliar akan diperuntukan untuk pelabuhan tersebut.

"Itu untuk rehab Tanjung Batu, dalam mendukung Tol Laut. Jadi siap-siap Desa Petaling menjadi kota kedepan ini, saya minta tanah disana jangan diperjual belikan, kalau sudah diperjual belikan susah nanti," pungkasnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved