Breaking News:

Bangun Tidur Langsung Sikat Gigi Ternyata Salah Loh, Dokter Gigi Bilang Begini

Rina Putri Noer Fadilah, Dosen sekaligus Dokter Gigi, dari Universitas Jendral Ahmad Yani, Kota Cimahi menyebutkan 90 persen orang

Editor: Evan Saputra
lifehack.org
Gosok Gigi 

POSBELITUNG.CO - Rina Putri Noer Fadilah, Dosen sekaligus Dokter Gigi, dari Universitas Jendral Ahmad Yani, Kota Cimahi menyebutkan 90 persen orang Indonesia, memiliki lobang diantara gigi.

Menurut Rina, salah satu penyebabnya adalah masih banyak masyarakat yang keliru dalam membersihkan gigi dan tidak efektif dalam menyikat gigi.

"Yang keliru itu, biasanya masyarakat menyikat gigi ketika bangun tidur pas mandi, sebelum sarapan. Justru yang efektif itu dilakukan setengah sampai satu jam setelah sarapan, karena di situ ada proses ketidak seimbangan antara ph," ujar Rina, saat ditemui dalam kegiatan penyuluhan dokter gigi anak, di Kompek SD Cempaka, Jalan Citerep, Kota Cimahi, Sabtu (12/3).

Dikatakan Rina, jika setelah makan langsung menyikat gigi, tanpa ada jeda waktu, justru malah akan membuat gigi mudah berlubang.

Berikut ini, Rina memberikan tips menyikat gigi yang efektif bagi anda.

Pertama, sikat gigi dua kali sehari, menggunakan sikat yang lembut dan disesuaikan sikat giginya, karena untuk anak-anak dan dewasa, sikatnya berbeda.

Kedua, penempatan pasta gigi juga harus di dalam bulu sikat, jangan dipermukaan.

Ketiga, dalam menyikat gigi, tempatkan bulu sikat diantara gigi dan gusi hingga miring 40 derajat, lakukan dengan gerakan memutar dari belakang. Lalu untuk bagian dalam, lakukan dengan gerakan mencongkel, agar sisa makanan yang ada diantara gusi dan gigi keluar, pun demikian dengan bagian bawah gigi.

"Agar lebih efektif, lakukan selama tiga sampai lima menit, setelah itu kumur-kumur sebanyak dua kali," katanya. (bb)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Bangun Tidur Langsung Sikat Gigi Ternyata Salah Loh, Ini Penjelasan Dokter Gigi, http://jabar.tribunnews.com/2018/08/28/bangun-tidur-langsung-sikat-gigi-ternyata-salah-loh-ini-penjelasan-dokter-gigi.

Editor: Fauzie Pradita Abbas

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved