Andrea Hirata Sampai Bilang Luar Biasa Saat Naik ke Puncak Bukit Ini

Keramat Gunong Padi merupakan kuburan tua yang terdiri dari lima buah nisan di puncak bukit setinggi kurang lebih 120 meter

Andrea Hirata Sampai Bilang Luar Biasa Saat Naik ke Puncak Bukit Ini
Kolase/Posbelitung.co/Wahyu Kurniawan
Bukit Gunong Padi. Tampak pada inset, pengendara motor yang sedang melaju di kaki bukit dan seorang fotografer yang sedang memotret nisan kuburan di puncak bukit tersebut. 

POSBELITUNG.CO - Udara terasa lebih dingin setelah kaki menginjak puncak sebuah bukit di Kampong Simpang Tige, Desa Simpang Tiga, Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur.

Di sana, lima nisan membisu di antara semak belukar yang terus bergoyang dibelai angin sepoi-sepoi.

Rombongan yang terdiri dari sembilan orang terhenyak, termasuk Kadar, pria asal Gantong yang memandu rombongan menyambangi puncak bukit.

Ada beberapa bagian yang berubah dari lima nisan yang disebut oleh warga dengan nama Keramat Gunong Padi tersebut.

"Dulu bata ini lum dicor pakai semen, nisan ini sudah nisan baru," ujar Kadar.

Kondisi tikungan terakhir menuju puncak bukit dan parkir kendaraan di bawah puncak bukit. Terjalnya lereng membuat kendaraan motor harus diparkir dan perjalanan menuju puncak harus dilalui sambil berjalan kaki.
Kondisi tikungan terakhir menuju puncak bukit dan parkir kendaraan di bawah puncak bukit. Terjalnya lereng membuat kendaraan motor harus diparkir dan perjalanan menuju puncak harus dilalui sambil berjalan kaki. (Kolase/Posbelitung.co/Wahyu Kurniawan)

Keramat Gunong Padi merupakan kuburan tua yang terdiri dari lima buah nisan di puncak bukit setinggi kurang lebih 120 meter.

Kelima nisan itu dipatok dalam satu tambak yang terbuat dari bata merah.

Tak ada satu pun tulisan yang tertera di kuburan tersebut. Namun, bila dilihat dari bentuk nisan, kuburan itu terdiri dari dua pria dewasa, satu perempuan dewasa, satu anak laki-laki dan satu anak perempuan.

"Siapa sangka Belitong menyimpan tempat seperti ini, luar biasa," kata Andrea Hirata, penulis Novel Laskar Pelangi yang juga ikut dalam rombongan.

Andera Hirata mendaki dan menjumpai nisan kuburan di puncak bukit Gunong Padi.
Andera Hirata mendaki dan menjumpai nisan kuburan di puncak bukit Gunong Padi. (Kolase/Posbelitung.co/Wahyu Kurniawan)

Keramat Gunong Padi berada sekitar satu kilometer dari sisi utara ruas jalan tengah, Desa Simpang Tiga. Letaknya berada di tengah perkebunan kelapa sawit PT Rebinmas Jaya.

Halaman
123
Penulis: Wahyu Kurniawan
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved