Sempat di TMS KPU Beltim Gegara Terindikasi Mantan Napi Tipikor, 2 Bacaleg Ini Akhirnya Dianggap MS

Bawaslu Kabupaten Belitung Timur (Beltim) akhirnya mengabulkan pemohonan DPC Gerindara, pada sidang Adjudikasi

Sempat di TMS KPU Beltim Gegara Terindikasi Mantan Napi Tipikor, 2 Bacaleg Ini Akhirnya Dianggap MS
Pos belitung/Suharli
Suasana sidang Ajudikasi pembacaan putusan, yang dilaksanakan di ruang rapat Kantor Desa Kurnia Jaya pada Jumat, (31/8/2018) 

Laporan Wartawan Pos Belitung Suharli

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Bawaslu Kabupaten Belitung Timur (Beltim) akhirnya mengabulkan pemohonan DPC Gerindara, pada sidang Adjudikasi Pembacaan Putusan, bertempat di Ruang rapat Kantor Desa Kurnia Jaya, Manggar, pada (31/8/2018).

Dalam proses sidang yang dilaksanakan secara terbuka ini, Bawaslu yang bertindak sebagai Majelis Sidang Adjudikasi memutuskan dua bakal calon legislatif (Bacaleg) dari partai Gerindra yakni Ferizal dan Mirhammuddin Memenuhi Syarat (MS) masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Beltim pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 dari Partai Gerindra Kabupaten Belitung Timur.

Dua Bacaleg ini sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh KPU karena terindikasi mantan narapidana Tipikor.

Dalam rangkaian sidang Adjudikasi putusan, Majelis menyampaikan 12 poin pertimbangan satu diantaranya bahwa berkaitan dengan persyaratan Bakal Calon anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Kota yang tertuang dalam Pasal 240 ayat (1) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, sesuai dengan amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No 42/PPU-XVII/2015 dan Putusan MK No. 51/PPU-XIV/2016, yang mana kedua Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut menyatakan jabatan publik yang dipilih melalui Pemilu dapat diikuti oleh seluruh warga Negara tanpa terkecuali, bahkan bagi mantan narapidana yang telah menyelesaikan masa hukuman selama secara jujur dan terbuka mengemukakan kepada publik yang bersangkutan, merupakan mantan narapidana.

Adapun lima putusan yang dibacakan Majelis yakni mengabulkan Permohonan Pemohon untuk seluruhnya.

Menyatakan Ferizal dan Mirhammuddin Memenuhi Syarat masuk dalam Daftar Calon Sementara Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Belitung Timur pada Pemilihan Umum Tahun 2019 dari Partai Gerindra Kabupaten Belitung Timur.

Membatalkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Belitung Timur Nomor 49/HK.03.1-Kpt/1906/KPU-Kab/MIII/2018 Tentang Penetapan Daftar Calon Sementara Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Belitung Timur Pada Pemilihan Umum Tahun 2019.

Memerintahkan kepada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Belitung Timur untuk menerbitkan Keputusan Daftar Calon Sementara Anggota DPRD pada pemilu Tahun 2019, dengan mencantumkan nama Ferizal dan Mirhammuddin dalam Keputusan tersebut.

Memerintahkan kepada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Belitung Timur untuk melaksanakan Putusan ini paling lama 3 (tiga) Hari Kerja sejak Putusan ini dibacakan. 

Penulis: Suharli
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved